Jurus Jokowi-Ahok Berantas Korupsi

Nasional / 28 November 2012

Kalangan Sendiri

Jurus Jokowi-Ahok Berantas Korupsi

Lois Official Writer
3550

Saat pertama kali dinyatakan menang, Jokowi-Ahok sudah berjanji untuk tetap bersih dari korupsi. Hal ini pula yang membuat mereka melakukan beberapa terobosan untuk memerangi korupsi. Memang hal itu tak mudah dilakukan karena mental yang sudah dibangun selama ini, namun Jokowi bertekad mengubahnya. Ini dia beberapa jurus yang dia pakai untuk memberantas korupsi, yaitu :

Hapus Pungli Kecil

Jokowi menyerukan agar PNS di lingkungan Pemprov DKI untuk tidak korupsi mulai dari hal yang kecil dan sederhana seperti pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP). “Urus KTP nggak (perlu) ada pungutanlah, sistemnya perlu dipercepat dalam mengurus izin,” ujarnya.

KPK Pun Digandeng

Bersama KPK, Jokowi akan membenahi sistem dalam hal transparansi pengadaan, mekanisme pengaduan, dan akses publik terhadap informasi di ibukota ini.

Tranparansi Anggaran

Ahok memastikan bahwa transparansi anggaran pada masa pemerintahan Jokowi kepada publik sehingga memudahkan publik untuk memantau setiap anggaran yang masuk maupun yang keluar.

Kerjasama dengan LSM AntiKorupsi

Jokowi dan Ahok menggandeng LSM Indonesian Corruption Watch (ICW) untuk memantau dugaan pungli dan korupsi di Jakarta. Karena itulah, beberapa pekan yang lalu Ahok bersama perwakilan ICW dan Forum Musyawarah Guru Jakarta (FMGJ) melakukan sidak di sekolah internasional MH Thamrin Jakarta Timur. Laporan keuangan di Pemprov DKI bebas untuk diminta dan dipelajari oleh LSM jika diminta, menurut Ahok.

BPKP Awasi Anggaran DKI Jakarta

Kerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Jokowi pun tranparan mengenai anggaran Pemprov DKI. “Saya berharap kesepakatan ini menjadi kerja konkrit. Saya inginnya kalau kerja sederhana, yang ngawas keuangan sudah ada,” kata Jokowi.

Langkah-langkah ini menunjukkan bahwa Jokowi-Ahok akan melakukan transaksi / kegiatan yang berhubungan dengan keuangan secara transparan. Jika sejak awal transparansi terjadi, maka kita harapkan bahwa ini dapat menjadi budaya yang dilakukan oleh setiap orang.

 

Baca Juga :

Ikuti Ajang Lagu Positif di Jawaban.com Yuk

Resep Nastar Untuk Natal Anda

Ini Alasan Kenapa Pencernaan Terganggu

Vettel Juara Dunia dengan Rekor Pembalap Termuda

Resep Ratotuille, Bisa Disajikan Untuk Natal Anda

Tempat yang Bisa Dijadikan Liburan Romantis Suami Istri

Sumber : merdeka by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami