Pasangan dan Sahabat Pengaruhi Kekebalan Tubuh

Pasangan dan Sahabat Pengaruhi Kekebalan Tubuh

Puji Astuti Official Writer
2735

Menjaga kesehatan bukan hanya tentang mencuci tangan dan menghindari rekan kerja yang sedang sakit flu. Ternyata ada fakta yang mengejutkan mengenai kekebalan tubuh seperti sering bertengkar dengan pasangan dapat juga mempengaruhi imunitas tubuh seseorang. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu menjaga kekebalan tubuh kita :

Persahabatan

Riset menyatakan bahwa manusia yang memiliki hubungan yang baik seperti persahabatan di rumah, di tempat kerja dan juga di komunitas lebih jarang sakit. Mereka yang sering cemas, hidupnya lebih pendek dari pada mereka yang ramah. Jadi jangan biarkan apapun merebut persahabatan yang Anda miliki, karena hal itu asset bagi kehidupan.

Tidur yang cukup

Sebagai contoh, mahasiswa yang sering tidur malam akan memiliki kekebalan tubuh yang rentan. Orang yang kurang tidur sering dihubungkan dengan turunnya kekebalan tubuh. Hasil riset Universitas Chicago menyatakan bahwa pria yang tidur hanya 4 jam selama satu minggu hanya menghasilkan setengah antibodi di dalam darahnya dibandingkan mereka yang tidur selama 7 hingga 8 jam. Jadi, pastikan kualitas tidur Anda.

Pikiran yang positif

Pikiran negative dan sikap pesimis adalah pembunuh kehidupan. Perasaan negative menyebabkan stress yang berkepanjangan dan pada akhirnya hal itu membuat sel-sel dalam tubuh menjadi pasif sehingga pada akhirnya kekebalan tubuh menurun. Itu sebabnya mereka yang berduka atau patah hati rentan dengan penyakit.

Untuk itu pastikan Anda memiliki pikiran yang dipenuhi hal-hal positif, hal ini bisa dimulai dengan merenungkan firman Tuhan dan juga berbagi hal-hal yang baik dengan keluarga atau sahabat setiap harinya.

Komunikasi yang baik

Menurut riset UCLA atas 41 pasangan yang bahagia, ketika pasangan-pasangan itu diminta untuk mendiskusikan permasalahan mereka selama lima belas menit terditeksi bahwa tekanan darah, denyut jantung dan sel darah putih yang berhubungan dengan kekebalan tubuh meningkat sama seperti dampak jika seseorang berolahraga.

Namun mereka yang berkomunikasi dengan cara yang buruk, seperti sarkasme, menghina dan merendahkan pasangannya memiliki dampak yang sebaliknya, system kekebalan tubuhnya turun dan membutuhkan waktu 40 % lebih lama untuk pulih dari cendera mereka dibandingkan pasangan yang berkomunikasi dengan cara positif dan penuh kasih.

Jadi jangan sering bertengkar dengan pasangan, diskusikan permasalahan dengan cara yang positif dan penuh kasih. Hal itu akan membuat Anda berdua sehat dan juga bahagia.   

Baca juga artikel lainnya :

Awas, Merengek Bisa Bikin Calon Pacar Ilfil

Menunggu Keajaiban atau Melakukan Keajaiban?

Sembuh dari Endometriosis Berkat Jurnal Doa Harian

Budaya Natal Delon Dan Yeslin

Sumber : ABCnews.go.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami