Kreatifnya Generasi Muda Peringati Hari Sumpah Pemuda

Kreatifnya Generasi Muda Peringati Hari Sumpah Pemuda

Puji Astuti Official Writer
3607

Ingin tahu seperti apa Indonesia ke depan nanti? Hal ini bisa dilihat dari seperti apa pemuda-pemudi Indonesia saat ini. Mari berkaca pada peristiwa 28 Oktober 1928, saat itu para pemuda-pemudi negeri ini memiliki sebuah visi akan lahirnya suatu bangsa yang merdeka bernama Indonesia, dan setelah 17 tahun visi itu terwujud pada 17 Agustus 1945.

Para pemuda di masa lalu dengan berjiwa besar meletakkan kesukuan, idealisme, dan egonya untuk sebuah tujuan bersama, yaitu mewujudkan negara Indonesia. Mereka mencurahkan pikiran, tenaga, materi dan jiwa mereka untuk Indonesia.

Mau tahu apa yang dilakukan para pemuda dalam peringatan 84 tahun sumpah pemuda di hari Minggu, 28 Oktober 2012 ini?

Tweet Dengan Trending topik Sumpah Pemuda

Di dunia maya terutama Twitter, kata sumpah pemuda menjadi trending topik dengan berbagai celoteh mulai dari ucapan selamat hari Sumpah Pemuda hingga apa makna sumpah pemuda bagi mereka. Berikut adalah beberapa tweet tersebut :

@MerryRiana : Kita, kaum muda adl aset bangsa. Ayo tingkatkan kualitas fisik, mental, emosional & spiritual kita utk Indonesia tercinta. #SumpahPemuda

@dmasivband  : Selamat Hari Sumpah Pemuda ... Semoga Pemuda Indonesia semakin lbh maju dan lebih Cerdas.Saling menjaga kerukunan dan DAMAI Indonesiaku

@BobbyOWFebian: Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah cikalbakal kemerdekaan Indonesia. Merdeka dr perpecahan dan kesenjangan!

Membersihkan Kanal Banjir Timur

Para pemuda yang berinisiatif untuk membersihkan Kanal Banjir Timur (KBT) tersebut tergabung dalam Forum Relawan Penanggulangan Bencana Alam (FRBA) DKI Jakarta dan Komunitas Sanggabuana Pesanggrahan. Kegiatan yang diikuti oleh 50 orang pemuda tersebut dilakukan untuk kampanye mengajak masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Selain membersihkan KBT, para pemuda ini juga melakukan penanaman pohon.

Ikrarkan Sumpah Pemuda di Bundaran Hotel Indonesia

Ratusan pemuda dari beberapa ormas berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia di hari Minggu, 28 Oktober 2012 pagi untuk mengumandangkan kembali Ikrar Sumpah Pemuda. Para pemuda ini berasal dari berbagai ormas kepemudaan seperti Pemuda Pancasila, Perhimpunan 98, Pemuda LIRA, Forum Mahasiswa Papua dan Federasi Buruh Sekar Nusa.

Selain tiga peristiwa di atas, hari ini masih banyak aksi positif dan kreatif pemuda-pemudi diberbagai pelosok Indonesia dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, seperti aksi menolak tawuran, korupsi atau aksi keprihatinan. Negeri ini masih memiliki harapan selama generasi muda Indonesia menyadari bahwa merekalah penentu masa depan bangsa ini. Selamat Hari Sumpah Pemuda.

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : Tempo.co | Detik.com | Antaranews.com | Puji Astuti

Ikuti Kami