Sering Merasa Lelah? Ini Solusinya

Info Sehat / 10 October 2012

Kalangan Sendiri

Sering Merasa Lelah? Ini Solusinya

Puji Astuti Official Writer
3513

Apakah Anda sering merasa lelah? Banyak orang yang mengalami hal seperti ini, bangun dengan tubuh yang lelah, bekerja menjadi tidak semangat dan pulang ke rumah seperti kehabisan tenaga dan terkapar di tempat tidur. Pertanyaannya apakah orang seperti ini bekerja terlalu keras? Jawabannya tidak, sebaliknya, orang tersebut biasanya tidak maksimal dalam bekerja.

Untuk mengatasi masalah kelelahan ini, ada beberapa hal yang perlu diubah dalam pola hidup kita yang mengalaminya :

1. Pola makan

Terlalu banyak kafein dan gula dapat menjadi boomerang bagi tubuh kita, hal tersebut membuat tubuh merasa lelah karena fluktuasi gula tidak terkendali. Untuk itu cara mengatasinya adalah mengubah pola makan Anda dengan buah-buahan, sayuran dan protein yang seimbang. Perubahan pola makan ini akan memberi Anda dua keuntungan, rasa lelah dan letih menghilang dan berat badan pun akan turun.

2. Jumlah waktu tidur

Kelelahan juga bisa disebabkan oleh kurangnya waktu tidur. Jika Anda salah satu dari mereka maka satu-satunya jalan keluar adalah mengatur kembali waktu istirahan Anda. Hindari kafein dan alcohol di jam-jam menjelang tidur, matikan televise dan buat kamar tidur Anda nyaman dan tenang.

3. Olahraga

Berapa banyak waktu yang Anda habiskan untuk olahraga? Resep yang diberikan oleh ahli kesehatan untuk mereka yang mengalami kelelahan biasanya adalah olahraga. Ya benar, bagi penderita biasanya sulit percaya, karena olahraga hanya akan menambah rasa lelah. Namun kebenarannya adalah : lebih banyak bergerak, Anda akan lebih bertenaga. Porsi yang disarankan adalah 40 menit setidaknya empat hari dalam seminggu Anda harus berolahraga. Selain itu, pastikan Anda selesai olahraga tiga jam sebelum tidur, hal itu akan memberi waktu bagi tubuh untuk merenggang dan rileks.

Lakukan ketiga hal di atas setidaknya selama satu bulan, maka rasa lelah yang sering Anda rasakan dipastikan akan menghilang. Namun jika ketiga tips di atas  tidak membuat Anda merasa lebih baik, maka ada hal lain yang perlu diperhatikan, hal-hal tersebut akan dibahas dalam artikel selanjut. Nantikan ya..

Baca juga artikel lainnya :

Sumber : WebMD.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami