Kitab-Kitab yang Akan Dibuka Pada Hari Penghakiman
Sumber: Canva

Kata Alkitab / 10 October 2012

Kalangan Sendiri

Kitab-Kitab yang Akan Dibuka Pada Hari Penghakiman

Budhi Marpaung Official Writer
13590

Wahyu 20:11-14

"Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan tahta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu"

Dari ayat diatas kita mengetahui bahwa semua orang mati suatu kelak akan dibangkitkan dan diperhadapkan ke suatu pengadilan. Pengadilan yang mana Tuhan Yesus Kristus lah yang akan menjadi hakim disana.

Di hadapan Sang Hakim Agung tersebut, manusia akan diadili menurut apa yang tertulis pada setiap kitab yang Dia miliki. Pada kitab-kitab itu tercatat semua apa yang dilakukan manusia selama berada di bumi.

Berikut kitab-kitab yang akan dibuka pada hari Penghakiman kelak:

Kitab Hati Nurani (Roma 2:15)

Pada semua manusia ada hati nurani untuk tahu membedakan mana yang baik dan yang jahat / salah. Pada dasarnya hati nurani manusia selalu menuntun kepada yang benar. Tetapi banyak sekali manusia melawan tuntunan hati nuraninya yang baik itu. Banyak orang memilih jalan yang salah. Paulus, dalam suratnya kepada Timotius mengingatkan tentang pentingnya hati nurani yang murni dalam pelayanan ([kitab]iTimo1:5[/kitab]). Hati nurani yang sudah dimurnikan oleh Roh Allah.

Roh Allah diam dalam hati nurani manusia. Jadi apabila kita menolak atau melawan hati nurani kita yang murni itu maka hal itu akan menjerat kita dalam penghakiman kelak.

Kitab Rahasia Manusia (Roma 2:16)

Di mata Tuhan tidak ada yang tersembunyi. Semua transparan di hadapan-Nya. Allah kita adalah Allah yang mahatahu. Semua rahasia manusia Allah tahu. Dan kitab ini berisikan tentang rahasia setiap manusia. Mungkin orang tua tidak tahu, gembala tidak tahu, orang terdekat kita tidak tahu tetapi Allah tahu apa yang kita lakukan setiap detik, menit, jam, hari. Kitab ini khusus mencatat tentang rahasia manusia.

Kitab Perkataan Manusia (Matius 12:36,37)

Dalam kitab ini tercatat setiap perkataan manusia. Semua perkataan yang sia-sia harus dipertanggungjawabkan. Kita dibenarkan menurut ucapan tetapi kita bisa dihukum oleh karena perkataan kita. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam berbicara, jangan sembrono, jangan suka dengan kata-kata kotor dan kata-kata yang tidak berguna.

Kitab Perbuatan Manusia (2 Korintus 5:10)

Semua yang dilakukan manusia semasa hidupnya dicatat dalam kitab ini. Apa yang kita perbuat baik atau jahat akan dituntut di penghakiman nanti. Semua pengorbanan kita, jerih lelah kita, dicatat di sorga. Ada orang mau berkorban lebih apabila namanya dicantumkan di dalam warta gereja. Tetapi yang terpenting adalah bahwa korban kita, perbuatan baik kita dicatat Allah.

Kitab Kehidupan (Wahyu 20:12)

Kitab ini berisikan daftar nama-nama yang masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Setiap nama yang tercantum di dalamnya berhak mewarisi Kerajaan Allah. Saat kita mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan maka nama kita tertulis dalam kitab ini.

Tetapi kita harus berusaha sedikit supaya nama kita tetap ada didalamnya. Apa usaha sedikit yang kita lakukan? Setia kepada Tuhan, mengasihi Tuhan, dengan melakukan apa yang difirmankan-Nya. Tuhan memberkati.

Saduran Khotbah Pendeta Berti Palit sebagaimana diposting di situs GPDI Maranatha Medan.

Halaman :
1

Ikuti Kami