IPA-IPS Dihapus dan Diganti Pelajaran Sikap

Nasional / 30 September 2012

Kalangan Sendiri

IPA-IPS Dihapus dan Diganti Pelajaran Sikap

Lois Official Writer
2819

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPA dan IPS) akan dihapus oleh pemerintah di kalangan Sekolah Dasar (SD) dan menggantinya dengan pelajaran sikap. Menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Kabalitbang) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Khairil Anwar mengatakan mata pelajaran di sekolah tingkat dasar akan lebih ditekankan kepada bagaimana membentuk anak yang disiplin, jujur, dan bersih.

Mata pelajaran yang akan diajarkan di SD adalah Pelajaran Agama, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Pancasila, Bahasa Indonesia, dan Matematika dasar saja. Namun, meskipun disederhanakan, mata pelajaran akan disesuaikan dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar (SKKD).

“Jadi misalkan penilaian di Pelajaran Agama. Tidak hanya praktek sholat saja yang dinilai, namun dinilai juga apakah dia suka menjahili teman atau apakah dia suka mencuri?” katanya.

Untuk SMP, pelajaran yang akan diberikan terfokus kepada pelajaran ketrampilan melihat dan melakukan sesuatu yang dapat dilihat dengan mata. Kemungkinan IPA dan IPS masih ada meskipun jam belajarnya tidak tinggi. Sementara itu, pelajaran di SMA mulai mentransformasi ketrampilan tersebut dengan ilmu pengetahuan yang lebih tinggi. Ujian akhir nantinya tidak hanya berbentuk pilihan ganda, namun siswa harus mampu mengimplementasikan pelajaran agama ke masyarakat.

Pada akhirnya, pendidikan memang menjadi salah satu dasar dalam pembentukan generasi mendatang. Selain itu, faktor penting seperti keluarga juga menentukan.

 

Baca Juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Untuk Para Suami : Etika Berteman Dengan Lawan Jenis

No Turning Back, Pemberi Semangat Untuk Mengikut Tuhan

Inilah Cara Ampuh Menghindari Penyakit yang Disebabkan Oleh Virus

Sumber : okezone.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami