Solusi Tepat Mengatasi Kecanduan Gula

Solusi Sehat / 11 September 2012

Kalangan Sendiri

Solusi Tepat Mengatasi Kecanduan Gula

Budhi Marpaung Official Writer
5303

Tidak sedikit orang di Indonesia yang memiliki masalah dengan diabetes. Namun begitu, menariknya walaupun mengetahui permasalahan dengan makanan atau minuman yang mengandung gula, sebagian dari mereka justru kecanduan dengan makanan-makanan atau minuman-minuman yang manis-manis.

Harus diakui cake atau pun sirup merupakan beberapa dari banyak makanan yang bisa buat kita “jatuh” dan melupakan pantangan-pantangan yang sudah diberikan oleh para dokter.

Oleh sebab itu, menyikapi persoalan tersebut, ada sejumlah cara sederhana yang bisa diikuti dalam rangka mengurangi konsumsi gula. Berikut cara-caranya :

1. Ubahlah kebiasaan Anda yang terbiasa menggunakan pemanis buatan pada makanan dengan pemanis alami seperti buah-buahan dan sayuran karena buah dan sayur selain sebagai pemanis alami juga mempunyai vitamin dan mineral yang bernguna untuk tubuh serta mencukupi kebutuhan asupan vitamin pada tubuh Anda.

2. Jika kadar gula dalam darah berlebihan, maka yang terjadi adalah penurunan kekebalan tubuh sehingga mudah sakit. Untuk itu supaya meregenerasi kekebalan tubuh, Anda perlu makanan yang mengandung multivitamin seperti buah dan sayuran dan multimineral untuk mengatur suhu tubuh Anda.

3. Kontrol diri Anda saat Anda merasa ingin makan makanan yang terbuat dari pemanis. Dengan menahan diri, hal seperti sakit kepala, depresi, penurunan mood, dan kelelahan akan hilang dengan sendirinya.

4. Biasakan minum air putih minimal 6-7 gelas perhari supaya racun dalam tubuh dapat dinetralisir. Selain mengeluarkan racun dalam tubuh , dengan minum air putih dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung gula sekaligus membuat orang merasa kenyang sehingga Anda makan tidak perlu banyak.

5. Gantilah konsumsi makanan yang mengandung kalori yang tinggi dengan makanan yang rendah kalori, rendah lemak dan tinggi protein seperti daging, ikan dan telur. Selain itu kombinasikan makanan tersebut dengan mengonsumsi sayuran dan buahan supaya mencukupi kebutuhan serat Anda. Hindari makanan olahan seperti snack, sirup, soda dan ganti dengan yogurt atau ngemil buah-buahan.

6. Latihan olahraga dengan rutin 30-45 menit selama 3-4 hari dalam seminggu. Dengan berolahraga, Anda mendapatkan peningkatan pada endorphin yaitu hormon yang menimbulkan perasaan bahagia yang lebih daripada rasa manis yang diberikan oleh gula.

Faktor utama yang membuat Anda terlepas dari kecanduan apapun adalah niat dari diri Anda sendiri. Jika Anda berkeinginan kuat hidup sehat maka kiat-kiat yang tertulis disini maupun di buku-buku, artikel-artikel lain bukan sebuah masalah yang besar. Anda tinggal menjalaninya saja semua yang Anda baca itu hari demi hari. Mudah bukan ?   

Baca juga :

Suara Tuhan

Forum JC : Apakah berdoa saja cukup ? 

Berolahraga Dapat Redam Rematik

Chord Lagu : I Surrender (Hillsong)

Mencari Bersama Wajah Tuhan, Proteksi Diri Dari Perselingkuhan

Sumber : kesekolah.com / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami