Hubungan Dalam Masalah? Coba Pelajari Ini

Marriage / 10 September 2012

Kalangan Sendiri

Hubungan Dalam Masalah? Coba Pelajari Ini

Lois Official Writer
4961

Menurut psikolog Dr. Terri Orbuch dari University of Michigan, dimana dia mengumpulkan 373 pasangan dan sebanyak 46 persen dari mereka ternyata bercerai setelah setahun pertama pernikahan, maka ada beberapa kesimpulan yang diambil. Orang-orang yang bercerai itu mengakui ada lima penyesalan karena mereka tidak pernah melakukannya bersama pasangan sebelum bercerai.

Dengan kata lain, daripada bercerai, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan agar hubungan suami istri Anda yang jenuh maupun penuh pertengkaran, menjadi hubungan suami istri yang harmonis. Berikut ini lima hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki hubungan Anda :

Mengasihi, menghargai, dan menjaga perasaan pasangan

Sebelum menyesal karena tidak menghargai pasangan, ada baiknya dicoba. Cobalah untuk lebih mengasihi pasangan lebih daripada sebelumnya. Hargai setiap perbuatan maupun kata-katanya, meski yang terlihat negatif sekalipun, mungkin ada alasan di balik semua itu. Biasanya, pasangan melakukannya demi kebaikan kita (meskipun menurut ukuran mereka) namun hal itu dapat membuat kita mengambil hikmah dan menerimanya sebagai tindakan cinta dari pasangan. Jaga juga perasaan pasangan karena bagaimanapun juga, Anda berdua adalah dua orang yang berbeda yang mencoba menyatu.

Masalah uang harus dibicarakan

Uang adalah sumber konflik nomor satu dalam pernikahan. Sebelum uang juga menjadi sumber masalah Anda berdua, cobalah terbuka satu dengan yang lain. Buat aturan-aturan yang jelas dan bagaimana harus mengatur keuangan Anda berdua dalam hal apa saja.

Membahas masa lalu

Untuk menjalin hubungan yang sehat, Anda berdua perlu melepaskan masa lalu. Masa kecil Anda berdua, mantan pacar yang pernah hadir dalam kehidupan Anda, perlakuan orang lain di masa lalu yang membuat pikiran galau, perasaan cemburu sekalipun terhadap mantan pacar pasangan pun perlu dibahas. Kemudian lepaskan itu semua, karena pernikahan adalah melayari lautan di dalam perahu yang baru. Beban yang terlalu berat, akan membuat perahu itu tenggelam.

Selalu berkomunikasi

Komunikasi adalah faktor utama untuk menjalin hubungan, hubungan apapun itu termasuk hubungan suami istri. Terutama hubungan suami istri. Suami istri adalah dua orang yang membangun keluarga yang akan menentukan kemana keluarga itu akan melangkah, jadi hal ini sangat penting. Cobalah mendengar apa yang dikatakan suami / istri, peduli apa yang mereka katakan dan menanggapinya dengan perhatian.

Setiap orang punya kesalahan

Setiap orang pasti punya kesalahan dan pernah berbuat salah. Pasangan Anda juga tidak bisa membaca apa yang ada di dalam hati maupun pikiran jika tidak diungkapkan. Karena itu, jika ada suatu masalah, mintalah pandangan pasangan tentang masalah itu. Apalagi jika masalah itu menyangkut hubungan Anda berdua. Selain itu, jika pasangan melakukan sesuatu hal yang salah, mintalah juga untuk mendapatkan penjelasan terlebih dahulu dan satukan perspektif Anda berdua agar mendapatkan hubungan yang langgeng.

Jika hubungan Anda berdua terasa dingin saat ini, cobalah untuk mengukurnya dari kelima hal di atas. Setidaknya, melakukan intropeksi satu sama lain akan membuat Anda berdua lebih mengerti tentang diri masing-masing dan menjadi keluarga yang lebih solid lagi.

 

Baca Juga :

Forum JC : Apakah berdoa saja cukup ? 

Me Without You, Memang Beda !

Tunduklah Kepada Allah

Sumber : jawaban.com-mediaindonesia by lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami