Kristen Myanmar Temui Aung San Suu Kyi

Kristen Myanmar Temui Aung San Suu Kyi

daniel.tanamal Official Writer
3183

Dalam sebuah acara konferensi Kristen di Myanmar pada akhir bulan lalu, dilaporkan bahwa beberapa perwakilan umat Kristen bertemu dan saling berdiskusi dengan tokoh pro-demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi. Pertemuan itu membahas kebebasan beragama di Myanmar yang masih terbelenggu kebijakan pemerintah.

Salah satu yang menjadi pokok utama pembahasan itu adalah mengenai tidak adanya kesempatan yang diberikan pemerintah Myanmar kepada umat Kristen untuk ikut membangun tanah air mereka sendiri. Bahkan mereka seperti didiskriminasikan, karena kerap mendapat perlakuan keras atas apa yang mereka yakini.

Pertemuan dengan Aung San Suu Kyi ini adalah momen yang sangat langka, mengingat junta militer di Myanmar begitu ketat untuk mengawasi pergerakan Suu Kyi dengan kelompok beragama disana. Uskup Agung Kota Rangoon Charles Bo dalam pertemuan itu juga menegaskan bahwa pemuda Kristen di Myanmar wajib bergerak dan berperan aktif dalam setiap aspek pembangunan.

“Kita harus bekerjasama untuk selalu terlibat di bidang yang tepat bagi pembangunan negara, tanpa dibatasi oleh apa keyakinan kita,” ungkap salah seorang perwakilan dari Kristen Babtis Myanmar, Shaun Shang mengomentari terhadap peran serta umat Kristen yang harus terjadi di bumi Myanmar.

Kesimpulan yang diambil dalam pertemuan tersebut adalah, secara umum setiap umat beragama di Myanmar harus mendapatkan hak dan kewajiban yang setara tanpa dibatasi oleh apa keyakinan mereka. Selain itu menjadi tugas bersama untuk memberitahu kepada dunia bahwa hingga kini kondisi kehidupan beragama masih memprihatinkan.

Faktanya, hingga kini setiap tentara keamanan masih melakukan diskriminasi dan kekerasan terhadap umat beragama, seperti kasus terbaru kekerasan terhadap etnis Rohingya. Sementara pemerintah selalu menginformasikan kepada dunia bahwa Myanmar telah berubah dan mengalami kemajuan.

 

Baca Juga:

Tubuh Sehat, Mudik Selamat

Recharge Your Soul : Belas Kasih yang Menyelamatkan

Band Rock Sensasional dari Minnesota : Hyland



Sumber : Christian Solidarity Worldwide/Persecution/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami