Agustus, Bulan Terjadinya Blue Moon

Nasional / 2 August 2012

Kalangan Sendiri

Agustus, Bulan Terjadinya Blue Moon

Lois Official Writer
3516

Ada fenomena unik di bulan Agustus ini yang akan terjadi, fenomena itu adalah blue moon. Apakah maksudnya bulan akan benar-benar berwarna biru? “Blue moon itu tidak punya makna fisis. Hanya istilah yang tidak jelas asal-usulnya. Saya kira nggak ada maknanya, hanya untuk menyebut bulan purnama yang kedua,” terang Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, seperti yang dirilis detikcom.

Dia pun menerangkan bahwa satu tahun Masehi terdiri dari 365,2422 hari sehingga tiap satu tahun ada selisih 10.6 hari. “Maka setiap 2 atau 3 tahun itu akan terjadi kelebihan satu bulan. Artinya akan ada dua bulan purnama dalam satu bulan,” tambahnya. Itulah saat terjadinya blue moon.

Menurut Djamaluddin, pada 2 Agustus nanti (atau tepatnya nanti malam) akan terjadi bulan purnama yang pertama dan yagn kedua terjadi pada tanggal 31 Agustus 2012. Dia menambahkan tidak ada dampak pada bumi saat terjadinya blue moon ini. Selanjutnya, blue moon akan terjadi lagi pada Juli 2015.

Meski blue moon hanya sebatas istilah, namun ternyata bulan pernah berwarna biru, meski bukan akibat purnama dua kali dalam sebulan. Yang pertama, saat di bumi terjadi kebakaran hutan atau letusan gunung berapi, sesaat setelahnya bulan bisa terlihat berwarna kebiruan. Buktinya, saat kebakaran hutan di bagian barat Kanada pada akhir September 1950. Begitu juga saat terjadi letusan gunung berapi Pinatubo di Filipina pada Juni 1991. Kedua, bulan pernah berwarna biru ketika jelaga atau partikel abu yang tersimpan di atmosfer terlalu banyak.

Fenomena alam yang luar biasa ini tentunya membuat kita kagum pada Penciptanya. Unik dan betapa kayanya bumi yang telah diberikan kepada manusia untuk dipelihara dengan segala fenomenanya ini.

 

Baca Juga :

One Direction Bersiap Tutup Olimpiade dengan Apik

CD Hip Hop Rohani The Messenger Sudah Bisa Dibeli Sekarang

Lima Langkah Sederhana Cegah Hepatitis A

Sumber : detik.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami