Lima Langkah Sederhana Mencegah Penyakit Hepatitis A

Solusi Sehat / 31 July 2012

Kalangan Sendiri

Lima Langkah Sederhana Mencegah Penyakit Hepatitis A

Budhi Marpaung Official Writer
7088

Hepatitis A merupakan suatu penyakit yang sudah dikenal puluhan tahun oleh orang Indonesia. Meski sudah banyak artikel atau buku yang membahas tuntas mengenai penyakit yang menyerang organ hati ini, tetapi tidak ada salahnya Anda membaca apa yang tersaji disini.

Setuju atau, salah satu hal yang seringkali kita diabaikan ketika menghadapi penyakit adalah pada pencegahannya. Padahal di tahap inilah, proses krusial yang perlu kita berikan perhatian yang serius.

Oleh sebab itu, pada kali ini Jawaban.com akan menyampaikan sejumlah tips agar Anda dapat terhindar dari penyakit Hepatitis A. Berikut langkah-langkah pencegahan yang dimaksud :

1) Selalu jaga kebersihan diri. Sebisa mungkin jangan lupa mencuci tangan setelah melakukan berbagai aktivitas, seperti memasak, keluar dari toilet, menyuci peralatan rumah tangga, dan pastikan kondisi lingkungan bersih.

2) Pisahkan bahan makanan matang dan mentah, dengan alat dapur dan makan yang berbeda pula serta simpan di tempat berbeda.

3) Saat memasak makanan terutama daging, ayam, telur, dan seafood hendaknya dipastikan masakan tersebut selesai sampai matang. Untuk menrebus pastikan sampai dengan suhu 70 derajat Celcius. Untuk daging dan ayam, pastikan tidak masih berwarna pink serta panaskan makanan yang sudah matang dengan benar.

4) Simpan makanan di suhu aman. Jangan simpan makanan matang di suhu ruangan terlalu lama. Masukan makanan ke dalam lemari es bila ingin disimpan. Sebelum dihidangkan, panaskan terlebih dahulu sampai lebih dari 60 derajat celcius dan jangan simpan makanan terlalu lama di lemari es.

5) Gunakan lah air bersih dan bahan makanan yang baik. Pilih bahan makanan yang segar, air yang bersih, proses memasak yang baik, cuci buah dan sayur dengan baik, serta tidak menggunakan bahan makanan yang sudah kedaluwarsa. 

Semoga apa yang disampaikan diatas dapat berguna bagi kehidupan Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Akhir tulisan, selamat menerapkan tips diatas !

Baca juga : 

Seorang Pria Biasa

Forum JC : Dokumentasi Kopdar + Photo Hunting

Suami Istri Beda Selera Film, Ini Jalan Keluarnya

Sumber : bumn.go.id / bm
Halaman :
1

Ikuti Kami