Kekurangan Gizi Sebabkan Anemia

Kekurangan Gizi Sebabkan Anemia

Lois Official Writer
8998

Anemia sering sekali terjadi. Apakah penyebabnya? Apakah benar anemia terjadi ketika tubuh kekurangan gizi? Kali ini, kita akan bahas tuntas.

Penyebab Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan darah merah. Darah merah yang sehat merupakan sel darah yang mengandung hemoglobin, sehingga darah merah memiliki kandungan oksigen di dalamnya. Jika seseorang tidak memiliki volume darah merah yang sehat dengan hemoglobin yang cukup untuk dialirkan ke seluruh jaringan dan organ, saat itulah orang tersebut menderita anemia.

Penyebab lainnya terjadi antara lain karena pendarahan hebat, kecelakaan, persalinan, wasir, sampai pembedahan. “Selain itu, anemia bisa juga disebabkan karena kekurangan berbagai vitamin dalam tubuh,” ungkap dr. Saptawati Bardosono, spesialis gizi klinik dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, seperti yang dirilis oleh kompas.com.

Anemia Berbeda dengan Darah Rendah

Jika anemia kurang darah merah yang berhemoglobin cukup, maka darah rendah bukan seperti itu. Darah rendah terjadi jika tekanan darah (tensi) seseorang kurang dari 90/60 mmHg.

Akibat Anemia

Seseorang yang kekurangan anemia dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti si penderita mudah lelah dan sering pusing. Selain itu, mata berkunang-kunang, sulit berkonsentrasi, kelopk mata, bibir, dan kulit menjadi pucat.

Jalan Keluar Bagi Penderita Anemia

Anemia yang disebabkan kekurangan oleh kekurangan gizi harus diatasi secepatnya, karena jika tidak, semakin lama gizi yang dibutuhkan semakin bertambah dan terakumulasi semakin besar. Karena itu, penuhi asupan vitamin yang diperlukan terutama vitamin B12, zat besi dan asam folat.

Anemia pun ternyata dapat membawa pengaruh yang buruk jika tidak ditanggapi dengan serius. Karena itu, anemia tidak dapat disepelekan. Penuhi kebutuhan gizi seimbang bagi tubuh, agar tubuh sehat.

Sumber : kompas.com by lois horiyanti/jawaban.com

Ikuti Kami