Kacamata Ajaib, Bantu Atur Makanan Anda

Nasional / 7 June 2012

Kalangan Sendiri

Kacamata Ajaib, Bantu Atur Makanan Anda

PrincessPina Cahyonoputri Official Writer
4548

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi impian semua orang. Lebih dari alasan keindahan, fungsi utama berat badan ideal adalah mengurangi resiko kesehatan yang mungkin timbul. Di jepang, sebuah kacamata dibuat untuk membantu setiap orang yang sedang menjalankan program diet.

Kacamata ini mempunyai efek yang dapat menipu orang yang memakainya agar mereka mengira bahwa makanan ringan yang dilihatnya berubah menjadi biskuit cokelat atau membuat makanan itu terlihat lebih besar. Hal itu ditujukan agar pemakai kacamata itu berusaha menjaga dietnya kapan dan dimana pun berada. 

Kacamata ini dikembangkan oleh para peneliti dari Universitas Tokyo. Dengan perangkat komputerisasi canggih, maka kacamata itu dapat menipu indra penglihatan seseorang. Perangkat goggle-mount kamera mengirim foto ke komputer, yang memperbesar dua pertiga dari ukuran nyata. 

Tidak hanya itu, pengguna kacamata ini dapat mengatur agar makanan yang dimakan sesuai dengan rasa favorit yang diinginkannya. Profesor Michitaka Hirose, ahli dalam ilmu informasi dan teknologi mengatakan, dirinya tertarik bagaimana komputer dapat digunakan untuk mengelabui pikiran manusia. 

"Bagaimana cara komputer menipu indra atau bagaimana membangun sistem kerja komputer itu menjadi sangat penting dalam studi realitas virtual. Eksperimen ini menunjukkan bahwa 80 persen dari subyek sudah tertipu," kata Hirose, seperti dikutip dari Emirates 247, Rabu (6/6).

Sampai saat ini belum diketahui kapan “alat Doraemon” ini akan dikomersialkan. Mereka masih ingin menyelidiki apakah orang yang ingin menurunkan berat badan dapat menggunakan perangkat kacamata ini.

Perkembangan teknologi selalu menarik untuk diikuti. Namun jangan sampai kita menjadi terikat dengan teknologi-teknologi sehingga membuat kita memiliki mental instan yang hanya mengandalkan teknologi yang ada. 

Sumber : okezone/vina
Halaman :
1

Ikuti Kami