Euro 2012 : Profil Timnas Ceko

Nasional / 27 May 2012

Kalangan Sendiri

Euro 2012 : Profil Timnas Ceko

Budhi Marpaung Official Writer
3104

Tak lengkap rasanya jika pada pergelaran Euro tidak melihat kehadiran tim nasional Ceko. Pernyataan ini tentu bukan tanpa alasan. Selama keikutsertaannya baik pada saat masih bernama Cekoslowakia maupun sekarang hanya memakai nama Ceko, tim asal Eropa tengah ini kerap memberikan kejutan-kejutan.

Salah satu kejutan yang pernah dibuat oleh Ceko adalah dengan menjadi runner-up pada Euro 1996. Ketika itu, di luar dugaan Karel Poborsky dkk menghancurkan tim-tim besar seperti Italia, Portugal, dan Perancis. Hanya sayang, di fase final, mereka harus mengakui ketangguhan Jerman yang kala itu diperkuat pemain-pemain seperti Oliver Bierhoff, Mattias Sammer, Juergen Klinsman, dan Andreas Moller.

Pada Euro 2012, Ceko kembali hadir dengan harapan yang tinggi, yakni memenangi kompetisi empat tahunan ini. Untuk mewujudkannya, pelatih Michal Bilek memanggil sejumlah pemain senior seperti penjaga gawang Petr Cech, Tomas Rosicky, dan Milan Baros.

Walau usia telah berkepala tiga, kehadiran mereka dinilai pelatih dapat memberi aura positif kepada tim Ceko. Khusus kepada Petr Cech, penampilan yang impresif satu musim terakhir bersama dengan Chelsea menjadi modal yang baik dalam menghadapi tim-tim lain yang akan ikut serta di kompetisi ini.

Berbicara tentang peluang di Euro 2012, Ceko memiliki kans besar menjadi juara grup A dan melaju ke perempat final. Tanpa bermaksud meremehkan Polandia, Rusia, dan Yunani, timnas Ceko sepertinya masih terlalu sulit untuk dikalahkan oleh tiga tim tersebut. Namun, di perempat final sepertinya langkah mereka akan terhenti mengingat tim-tim di grup B seperti Jerman, Belanda, dan Portugal adalah tim yang kuat dan padu.

Prestasi

Juara Piala Eropa 1976 (masih bernama Cekoslowakia)

Runner Up  Euro 1996

Semifinal Euro 2004

Perkiraan Skuad Euro 2012 :

Kiper: Petr Cech (Chelsea), Jaroslav Drobny (Hamburg), Tomas Grigar (Teplice), Jan Lastuvka (Dnipro Dnipropetrovsk).

Belakang: Theodor Gebre Selassie (Liberec), Roman Hubnik (Hertha Berlin), Michal Kadlec (Bayer Leverkusen), David Limbersky (Viktoria Plzen), Daniel Pudil (Cesena), Frantisek Rajtoral (Viktoria Plzen), Tomas Sivok (Besiktas), Marek Suchy (Spartak Moscow).

Tengah: Tomas Hubschman (Shakhtar Donetsk), Petr Jiracek (Wolfsburg), Daniel Kolar (Viktoria Plzen), Milan Petrzela (Viktoria Plzen), Vaclav Pilar (Viktoria Plzen), Jaroslav Plasil (Bordeaux), Jan Rezek (Anorthosis Famagusta), Tomas Rosicky (Arsenal).

Depan: Milan Baros (Galatasaray), David Lafata (Jablonec), Tomas Necid (CSKA Moscow), Tomas Pekhart (Nuremberg).

Sumber : Jawaban.Com - budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami