Tingkat Kelulusan SMA Paling Terendah Dipegang NTT

Nasional / 24 May 2012

Kalangan Sendiri

Tingkat Kelulusan SMA Paling Terendah Dipegang NTT

Budhi Marpaung Official Writer
6709

Untuk ketiga kali berturut-turut, Nusa Tenggara Timur menjadi provinsi yang tingkat kelulusan siswa Sekolah Menengah Atas-nya yang paling rendah se-Indonesia. Seperti data Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang dikutip tempo online, dari sekitar 36 ribu siswa dari NTT yang mengikut Ujian Nasional (UN), sedikitnya ada 11.458 siswa tersebut yang dinyatakan tidak lulus.

Jika dikonversi dalam bentuk prosentase berarti ketidaklulusan siswa SMA di NTT ini mencapai 31,6 persen.

Menanggapi hal ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M.Nuh, Kamis (24/5),  mengungkapkan bahwa pihaknya akan melakukan intervensi besar-besaran ke NTT pada masa mendatang dengan tujuan memperbaiki tingkat kelulusan siswa di sana.

Namun begitu, ia menolak jika dianggap Depdibud tidak melakukan apa-apa ke provinsi yang terletak di tenggara Indonesia tersebut. Mereka, lanjut M.Nuh, telah berupaya untuk memperbaiki proses pendidikan di NTT dan itu sudah terlihat hasilnya. Hanya saja, di saat sekolah-sekolah di NTT sedang memperbaiki diri, sekolah-sekolah dari provinsi lain juga melakukan peningkatan.

“NTT sebenarnya sudah berproges. Tapi provinsi lain juga berlomba-lomba agar tidak jadi yang terendah,” pungkas Nuh.

Sebagai informasi, NTT merupakan provinsi yang sebagian besar penduduknya menganut agama Katolik dan Protestan. Situs Wikipedia mencatat ada sejumlah suku bangsa yang tinggal di wilayah ini yakni Atoni atau Dawan, Manggarai, Sumba, Lamaholot, Belu, Rote, Lio, dan Tionghoa.

Fakta diatas sungguh menyedihkan karena ternyata provinsi yang banyak dihuni oleh pengikut Kristus menjadi provinsi yang paling terbawah dalam meluluskan siswa/i sekolah menengah atas-nya. Kiranya hal ini bisa menjadi perhatian gereja, para tokoh pendidikan, pengusaha-pengusaha, dan bahkan mahasiswa-mahasiswa yang mengaku anak Tuhan agar mencari cara bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah ini. Marilah bantu pemerintah untuk memecahkan persoalan yang sedang dihadapi oleh NTT.

Baca juga : 

Kopi Darat Mei 2012

Roh Kudus, Karunia Terbesar Dari Tuhan

Pengadilan Mesir Tidak Berlaku Adil Kepada Kristen Koptik

Sumber : tempo.co, wikipedia / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami