Pengganti Paus Shenouda Harus Lebih Pintar

Internasional / 13 April 2012

Kalangan Sendiri

Pengganti Paus Shenouda Harus Lebih Pintar

daniel.tanamal Official Writer
4579

Semenjak ditinggal oleh kepergian Paus “Baba” Shenouda III, pimpinan Gereja Ortodoks Koptik Mesir belum mengadakan pemilihan untuk menggantikan Paus yang tutup usia diumur 89 tahun itu. Posisi pemimpin umat Kristen dibumi firaun itu dinilai penting untuk menjaga stabilitas hubungan antar agama disana.

“Baba Shenouda bukan hanya saleh tapi cerdas. Orang yang strategis. Dengan wafatnya beliau Mesir sangat kehilangan. Karena selama ini Baba menjadi figur pemersatu. Makanya ketika beliau meninggal, beberapa tokoh Muslim kan mengusulkan dia mendapatkan penghargaan menjadi pahlawan nasional,” ungkap Bambang Noorsena, pengamat hubungan lintas agama, dari Institute for Syriac Christian Studies, kepada Jawaban.com, Jumat (13/4).

Bambang juga meambahkan bahwa atas peristiwa itu pastinya akan ada pemilihan untuk menentukan pengganti Baba Shenouda. “Pastinya akan ada pemilihan, pemilihan itu akan diundi dari beberapa nama yang masuk, yang telah menjadi uskup,” lanjutnya.

Mengenai pengganti Baba Shenouda, Bambang berharap bahwa orang itu punya kapasitas yang lebih untuk memimpin umat Koptik. “Hanya Tuhan yang tahu (kondisi Mesir nantinya).Tapi yang jelas Tuhan akan memilih orang yang minimal sama dengan Baba Shenouda. Tetapi karena tantangannya lebih sulit, dia (pengganti) harus lebih pintar dari Baba,” terangnya.

Sumber : Jawaban.com - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami