Easter Tidak Sama dengan Paskah Bahkan Bertentangan (1/2)

Easter Tidak Sama dengan Paskah Bahkan Bertentangan (1/2)

Lois Official Writer
4640

Seperti yang dirilis oleh wikimu, Paskah sama sekali tidak sama dengan Easter, bahkan bertentangan. Jika Paskah memperingati kematian sampai kebangkitan Tuhan Yesus, Easter sendiri memperingati perayaan kebangkitan seorang dewa bernama Tamus, yaitu dewa musim semi dan dewa fajar (tempat matahari terbit). Tamus disebut-sebut sebagai anak dari dewi bulan dan dewa matahari. Tamus sendiri disebutkan di dalam Yeh 8:14. “Lalu dibawa-Nya aku dekat pintu gerbang rumah Tuhan yang di sebelah utara, sungguh, di sana ada perempuan-perempuan yang menangisi dewa Tamus.”

Yehezkiel diajak untuk melihat perbuatan keji tua-tua kaum Israel yang dilakukan di tempat tertutup. Perbuatan keji yang lebih besar lagi daripada itu, Yehezkiel kemudian diajak melihat ada kira-kira 25 orang laki-laki, yang membelakangi bait Tuhan dan menghadap ke sebelah timur sambil sujud pada matahari di sebelah timur (ay 16).

Easter dirayakan saat pergantian musim dingin ke musim semi. Easter sendiri berasal dari kata Eostre. Tradisi mereka berhubungan erat dengan kelinci Easter (kelinci adalah binatang yang paling disukai Tamus) dan telur warna-warni (melambangkan hidup yang terus berlangsung dan kebangkitan). Dalam buku The American Book of Days yang ditulis oleh George William Dougles, dikatakan, “Festival Eostre merayakan kehidupan baru di musim semi sehingga sangat mudah dikaitkan dengan perayaan kebangkitan Tuhan Yesus. Tidak diragukan lagi bahwa Gereja Roma pada masa awal mengadopsi tradisi mereka dan memberikan makna kekristenan di dalamnya.”

Itulah sebabnya mengapa Easter sampai sekarang ini sangat berkaitan erat dengan Paskah, padahal berasal dari latar belakang yang begitu berbeda bahkan bertentangan. Ketika hendak mengucapkan Selamat Paskah dalam bahasa Inggris, sebutlah Happy Passover, bukan Happy Easter.

 

Baca selanjutnya : Easter Tidak Sama Dengan Paskah Bahkan Bertentangan (2/2)

sumber lainnya :

http://www.onenesschristian.org/easter.htm

http://www.lasttrumpetministries.org/tracts/tract1.html

Sumber : by loishoriyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami