Kurang Gizi Sebabkan Rambut Rontok

Gizi & Nutrisi / 6 April 2012

Kalangan Sendiri

Kurang Gizi Sebabkan Rambut Rontok

Lois Official Writer
7302

Semua orang umumnya takut bila rambutnya mengalami kerontokan, apalagi kerontokan parah. Kerontokan rambut masih dikatakan wajar bila jumlah rambut yang rontok berkisar 40-120 helai setiap hari. Tapi bagaimana jika lebih dari itu, apa yang harus dilakukan? Anda perlu mengetahui lebih dulu, apa penyebabnya.

Untuk memiliki rambut indah dan sehat ada dua faktor yang harus dipenuhi, yaitu faktor luar dan dalam. Faktor luar seperti merawat rambut, mulai dari keramas, creambath, dan berbagai perawatan lainnya. Sedangkan faktor dari dalam adalah pola makan. “Pola makan ini sangat berpengaruh pada rambut. Orang yang sedang diet ketat dan gizinya tak seimbang biasanya rambutnya akan terlihat kusam, rontok, dan tidak bercahaya,” kata Alfons, ahli tata rambut kepada Kompas Female.

Kerontokan rambut biasanya dipengaruhi karena kekurangan protein, vitamin B12, asam folat, dan zat besi. Sebanyak 97% struktur rambut adalah protein, karena itu jika kekurangan protein akan membuat proses regenerasi rambut menjadi terhambat. Dalam sehari, konsumsilah minimal 100gr protein yang berasal dari daging, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, mentega, dan lainnya.

Vitamin juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Vitamin A menjaga rambut tetap bersinar dan kulit kepala sehat. Kekurangan vitamin A berpengaruh pada timbulnya uban dan ketombe. Dalam sehari, kita butuh sekitar 5.000 IU (International Unit) vitamin A yang terdapat pada buah-buahan berwarna merah, kuning, dan oranye serta sayuran hijau, hati, dan minyak ikan.

Faktor kebotakan dipengaruhi oleh minimnya asupan vitamin B yang berperan untuk melancarkan produksi minyak dan menjaga kelembaban serta kesehatan rambut. Kekurangan vitamin C akan membuat rambut pecah-pecah karena kolagen pada rambut terhambat pertumbuhannya. Vitamin C yang dibutuhkan orang dewasa per hari mencapai 60mg.

Coba cek permasalahan rambut yang kita hadapi sekarang dan temukan apa penyebabnya, apakah kekurangan protein, vitamin A, B, ataukah C sehingga kita pun dapat memperbaikinya dan kita memiliki rambut yang sehat.

Sumber : kompas.com/lois horiyanti
Halaman :
1

Ikuti Kami