Hindari Stroke Dengan 7 Hal Ini

Solusi Sehat / 6 February 2012

Kalangan Sendiri

Hindari Stroke Dengan 7 Hal Ini

Lestari99 Official Writer
4732

Anda mungkin termasuk sekelompok orang yang memiliki jenis genetika dari daftar riwayat panjang keluarga penderita stroke. Meskipun Anda memiliki genetika yang beresiko tinggi terhadap stroke, paling tidak Anda memiliki 7 cara yang dapat menghindarkan Anda dari serangan stroke. Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai.

1. Check Up Kesehatan Setiap Tahun

Pastikan untuk mendiskusikan masalah kesehatan dengan dokter Anda. Anda biasanya dapat mengatasi beragam masalah kesehatan hanya dengan mengubah kebiasaan makan dan sedikit berolahraga. Dapatkan beberapa saran dari dokter Anda untuk menghindari stroke. Ada banyak cara yang diketahui dokter untuk membantu mereka yang memiliki resiko tinggi menjadi korban stroke.

2. Mengurangi Tingkat Stres

Sungguh menakjubkan betapa banyaknya resiko kesehatan yang berkaitan dengan tingkat stres yang tinggi. Stres sering menyebabkan peningkatan tekanan darah yang juga sangat kondusif bagi terjadinya serangan stroke.

3. Monitor Tekanan Darah Anda

Tekanan darah tinggi akan menyebabkan terlalu banyak tekanan pada dinding arteri. Dinding-dinding tipis ini akan melemah dan dapat menyebabkan stroke. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan dua jenis stroke, stroke hemoragik dan iskemik. Kedua jenis stroke ini terjadi di pembuluh darah dalam otak. Menjaga tekanan darah agar tetap rendah dan stabil akan sangat mengurangi kerusakan pembuluh darah di otak dan mengurangi kemungkinan stroke.

4. Jangan Pernah Coba Merokok Atau Hentikan Kebiasaan Merokok Anda

Nikotin dalam rokok dapat menyebabkan dinding arteri menjadi lebih tipis dan tubuh tidak dapat mensirkulasi darah secara memadai. Penyimpanan kolesterol yang tersisa pada dinding arteri disebabkan oleh karbon monoksida yang dihasilkan oleh rokok. Kolesterol tinggi dan dinding arteri yang lemah merupakan lingkungan yang sempurna bagi stroke untuk menyerbu masuk.

5. Jangan Makan Di Luar Terlalu Sering

Makanan siap saji dan beberapa restoran pinggir jalan menawarkan banyak pilihan menu dengan makanan yang kebanyakan digoreng. Tempat makan seperti ini memang merupakan tempat yang bagus untuk mendapatkan makanan secara cepat. Namun terlalu sering makan di tempat seperti ini hanya akan menyumbat arteri Anda dengan residu lemak yang tinggal menunggu waktu untuk berkembang menjadi pemicu sempurna yang menyebabkan stroke.

6. Mengurangi Konsumsi Gula

Gula yang berlebihan tidak baik bagi siapapun. Mengurangi konsumsi gula Anda tidak hanya akan mengurangi resiko diabetes tetapi juga akan membantu Anda untuk menjaga berat badan. Tubuh Anda hanya sanggup mengolah gula dengan takaran tertentu, dan selebihnya disimpan sebagai lemak. Ketika Anda berhenti memasok tubuh Anda dengan gula yang berlebih, maka tubuh Anda akan menggunakan gula yang tersimpan sebagai lemak untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan.

7. Berolahraga

Kebanyakan orang pada akhirnya akan mengerti bahwa dengan menambahkan olahraga ke dalam setiap bagian dari hari Anda akan memberikan manfaat kesehatan yang besar. Olahraga tidak hanya baik untuk jantung tetapi juga bagi otot-otot tubuh. Penelitian menunjukkan dengan melakukan pekerjaan rumah tangga yang ringan, berjalan kaki keliling kompleks, atau mencabut rumput liar di kebun sudah cukup untuk mengurangi kemungkinan mengalami stroke.

Jika Anda memiliki kekuatiran akan munculnya stroke dalam hidup Anda, maka 7 hal ini mungkin merupakan tips yang Anda cari untuk menjauh dari stroke. Tidak ada salahnya untuk mengubah gaya hidup dengan menggabungkan kebiasaan makan yang lebih baik, mengurangi stres, dan lebih banyak berolahraga.

Sumber : allwomenstalk
Halaman :
1

Ikuti Kami