Kue Sehat Saat Liburan Natal

Gizi & Nutrisi / 21 December 2011

Kalangan Sendiri

Kue Sehat Saat Liburan Natal

Lestari99 Official Writer
5211

Anda tidak harus mengorbankan rasa untuk mengurangi kalori dari penganan Natal yang setiap tahun menjadi penganan favorit ini. Ketika musim liburan Natal tiba, sudah saatnya bersibuk ria membuat kue. Biasanya kue ini tidak hanya untuk keluarga kita sendiri tapi juga untuk teman dan kerabat yang kita kasihi untuk diberikan sebagai hadiah.

Sudah seharusnyalah jika kita tidak hanya sekedar memberikan hadiah Natal berupa kue tapi juga memperhatikan kesehatan mereka dan tentu saja kesehatan kita sendiri. Berikut adalah trik-trik untuk membuat penganan Natal yang lebih sehat.

Tips #1: Kurangi Mentega

Mentega merupakan bahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue, tetapi kita juga tahu bahwa bahan tersebut sarat dengan lemak jenuh. Tidak perlu menyingkirkan mentega dari resep kue Anda, tapi merupakan ide yang baik untuk membatasi takarannya. Cobalah mengganti mentega dengan minyak canola atau cobalah resep yang dapat menggantikan lemak dengan bahan apapun dari buah murni untuk mengurangi lemak yang terdapat di produk susu seperti susu rendah lemak atau mentega susu.

Tips #2: Gunakan Tepung Gandum

Kita biasanya berpikir jika menggunakan tepung gandum sebagai bahan kue, maka saat dipanggang rasanya akan seperti kardus. Tapi untunglah tidak demikian adanya. Jika resepnya tidak secara khusus meminta tepung jenis tertentu, Anda dapat mengganti setengah takarannya dengan tepung gandum. Menggunakan tepung gandum untuk bahan kue akan membuat kue terlihat dan terasa mirip dengan kue lainnya, hanya saja mengandung serat yang lebih tinggi (sekitar 12 gram per cangkir dibandingkan hanya 3 gram dalam tepung terigu).

Tips #3: Perhatikan Ukuran Kue

Akan ada begitu banyak kue enak dan menarik beredar selama liburan Natal. Jika ukuran kuenya besar sedangkan Anda ingin mencicipi setiap jenis kue itu, tanpa disadari Anda akan mengkonsumsi kalori ekstra tanpa dapat mengontrolnya. Buatlah kue dengan ukuran yang lebih kecil – tidak lebih dari 2 sampai 3 gigitan. Dengan demikian Anda tetap dapat mengontrol kalori dan memuaskan hasrat Anda untuk mencicipi kue yang manis. Ditambah lagi jika Anda bermaksud membawanya untuk bepergian, kue mini lebih kecil kemungkinannya untuk hancur.

Tips #4: Hindari Bahan Buatan

Para pecinta kue seringkali menghiasi kuenya dengan beragam frosting dengan warna-warna pelangi. Cobalah untuk menghindari warna-warna buatan dalam kue Anda dan hiasi secara kreatif dengan menggunakan frosting putih, coklat leleh, kacang-kacangan dan selai sebagai gantinya. Carilah ide kreatif lainnya bagaimana menghiasi kue dengan menggunakan bahan alami.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami