Mariah Carey

A to Z Biography / 10 December 2011

Kalangan Sendiri

Mariah Carey

Lestari99 Official Writer
5595

Lahir dengan nama Mariah Angela Carey pada tanggal 27 Maret 1970 di Huntington, Long Island, New York, Amerika Serikat. Anak bungsu dari tiga bersaudara ini lahir dari pasangan Alfred Roy Carey, seorang insinyur penerbangan keturunan Afro-Venezuela, dengan Patricia Carey, seorang penyanyi opera keturunan Irlandia. Kedua saudaranya bernama Morgan Carey dan Alison Carey. Selama tinggal di Huntington, Mariah dan keluarganya menjadi korban kekejaman para tetangga yang rasis. Diduga para tetangga ini meracuni anjing mereka dan membakar mobil mereka. Orangtua Mariah bercerai ketika Mariah baru berumur tiga tahun. Sejak saat itu, Mariah yang ikut ibunya tidak pernah bertemu dengan ayahnya sampai mereka dipertemukan kembali di tahun 2002, dimana ayahnya juga meninggal karena kanker di tahun yang sama. Mariah diajari menyanyi oleh ibunya ketika di usianya yang masih tiga tahun ia menirukan ibunya berlatih opera Verdi, Rigoletto dalam bahasa Italia.

Mariah yang menghabiskan masa SMA-nya di Greenlawn dijuluki “Mirage” oleh teman-temannya karena ia sering bolos demi mengerjakan pekerjaan sambilannya sebagai penyanyi demo di beberapa studio rekaman setempat. Setelah lulus, Mariah pindah ke New York City. Menjadi penyanyi latar dari Brenda K. Starr, seorang penyanyi aliran Freestyle asal Puerto Rico, menjadi awal titik balik dari kehidupan Mariah Carey.

Dalam suatu pesta di tahun 1998, Mariah bertemu eksekutif Columbia Records saat itu, Tommy Mottola. Brenda memberikan rekaman demo Mariah. Setelah pesta berakhir, Tommy mendengarkan rekaman tersebut dan sangat tertarik dengan suara Mariah. Bak kisah Cinderella, Tommy kembali ke lokasi pesta untuk mencari Mariah tapi Mariah telah pergi meninggalkan tempat tersebut. Meskipun demikian, Tommy akhirnya berhasil mengontraknya untuk bernyanyi di perusahaan rekaman tersebut.

Album perdananya, Mariah Carey, yang dirilis tahun 1990, sukses di Amerika. Kesuksesan ini membawa Mariah memenangkan 2 piala Grammy Award, sebagai “Pendatang Baru Terbaik” dan “Performa Vokal Pop Wanita Terbaik”. Album keduanya, Emotions (1991) juga meraih kesuksesan di Amerika. Di tahun 1993 Mariah Carey menikah dengan Tommy Mottola meskipun akhirnya mereka bercerai di tahun 1997.

Di tahun 1994, Mariah merilis album Natal berjudul Merry Christmas. Album ini merupakan salah satu album Natal yang paling sukses sepanjang masa. Singel “All I Want For Christmas Is You” sangat populer di Amerika terutama setiap akhir tahun. Singel ini juga populer di banyak negara terutama Jepang. Di tahun-tahun berikutnya Mariah Carey terus menelurkan album-albumnya yang sukses di pasaran dan membawanya meraih berbagai penghargaan sampai tahun 2000 yang merupakan masa-masa keemasan bagi Mariah Carey.

Mariah sempat mengalami masa-masa suram dari kariernya di tahun 2001 sampai 2004. Setelah keluar dari Columbia Records di tahun 2001, Mariah kemudian menandatangani kontrak dengan Virgin Records. Album yang dirilisnya tahun itu, Glitter, gagal di pasaran dan ia diterlantarkan oleh Virgin Records di tahun 2002. Namun kemudian Mariah menandatangani kontrak dengan Island Records. Di tahun itu juga Mariah merilis albumnya yang berjudul Charmbracelet. Meskipun hasilnya kurang memuaskan, Mariah tetap menyelenggarakan turnya Charmbracelet World Tour yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara tujuannya. Konsernya berlangsung di Jakarta Convention Center di Senayan, Jakarta Pusat.

Masa keemasan kembali menghampir Mariah Carey di tahun 2005 ketika albumnya The Emancipation Of Mimi laku keras di pasaran bahkan menjadi salah satu album yang paling sukses di sepanjang sejarah kariernya. Album ini juga menjadi album tersukses di tahun 2005 dan mengembalikan masa-masa kejayaan Mariah. Dan Mariah terus menuai kesuksesan di album-album selanjutnya.

Di tahun 2008, Mariah Carey menikah dengan seorang aktor, komedian, rapper, dan presenter America’s Got Talent, Nick Cannon, yang berusia 11 tahun lebih muda dari dirinya. Mereka menikah di Kepulauan Bahama. Mereka dikaruniai sepasang anak kembar Moroccan Scott Cannon (laki-laki) dan Monroe Cannon (perempuan).

Di tengah kesuksesan album yang dirilisnya, di tahun 2010 Mariah Carey kembali merilis album Natal keduanya yang berjudul Merry Christmas II You. Album ini sukses di pasaran dengan singelnya “Oh Santa!”. Dalam album ini Mariah juga berkolaborasi dengan ibunya sendiri, Patricia Carey, dalam singelnya “O Come All Ye Faithful”.

Sumber : wikipedia
Halaman :
1

Ikuti Kami