Suriah, Bom Pemicu Perang Dunia Ketiga?

Nasional / 5 December 2011

Kalangan Sendiri

Suriah, Bom Pemicu Perang Dunia Ketiga?

Budhi Marpaung Official Writer
7394

Keadaan yang semakin memanas di Suriah hari-hari ini memunculkan berbagai prediksi dari para pengamat dunia internasional. Salah satunya adalah keterlibatan pihak Barat, Rusia, dan China dalam konflik yang terjadi di negara Timur Tengah tersebut dianggap akan memicu terjadinya Perang Dunia III.

"Presiden AS Barack Obama tengah mengambil peranan geopolitis untuk memicu konfrontasi Barat dengan Rusia dan China. Suriah dan Iran akan menjadi medan tempurnya," demikian ungkap Lawrence Freeman, salah seorang penulis dari majalah Executive Intelligence Review, seperti dikutip RT, Sabtu (3/12).

Menurut Freeman, pengiriman kapal perang Rusia merupakan pemanasan terhadap konfrontasi besar tersebut.

Senada dengan apa yang dinyatakan Freeman, pengamat politik Marcus Papadopoulos mengatakan bahwa negara pecahan dari Uni Soviet tersebut tidak akan membiarkan membiarkan situasi seperti di Libya terjadi di Suriah.

"Perbedaan yang mencolok antara Suriah dan Libya adalah keterlibatan Rusia. Rusia sudah mengatakan dengan jelas apa yang terjadi di Libya tidak akan terjadi di Suriah. Rusia dan China bahkan memveto resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Oleh karena itulah, Rusia akan menjadi faktor penentu dalam masalah ini," ujar Papadopoulos.

Situasi di Suriah memang terlihat seperti Libya pada pertengahan tahun lalu. Pihak oposisi Suriah tampak mendapat pengakuan dari Barat dan beberapa negara lainnya sebagai representasi yang sah bagi warganya.

Oposisi Suriah bahkan membentuk dewan militer dan mulai meminta perlindungan kepada masyarakat internasional. Mereka bahkan memutuskan hubungan dengan rival-rival Barat, Iran, Hizbullah, dan bahkan fraksi Hamas di Palestina.

Akankah perang dunia ketiga benar-benar terjadi kali ini? Semoga saja tidak karena di dalam keadaan seperti itu tidak ada pihak yang benar-benar menang atau kalah – semuanya akan menderita. Bahkan seluruh rakyat dunia yang akan menderita. Oleh sebab itu, mari dukung doa bagi perdamaian di Suriah dan negara-negara yang di dalamnya sedang berkonflik agar seluruh persoalan disana dapat diselesaikan dengan baik dan tanpa pertumpahan darah diantara mereka.

Baca juga artikel-artikel menarik berikut:

1. BIG HEART Buktikan Anak Band Pun Punya Kasih Kepada Sesama

2.  why

3. keinginan ku terjawab olh karna kasihNYA

Sumber : okezone/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami