Filipina Larang Ucapan Selamat Natal

Filipina Larang Ucapan Selamat Natal

daniel.tanamal Official Writer
3389

Otoritas Bandara Internasional Manila punya aturan ketat jelang hari Natal tahun ini. Salah satunya adalah melarang seluruh karyawan dan petugas bandara Internasional Manila, Filipina untuk mengucapkan kata “Selamat Natal”. Mengapa begitu?

Dilansir Yahoonews, Sabtu (2/11) ucapan selamat Natal itu dikhawatirkan digunakan untuk memperoleh tip ataupun hadiah lain dari para penumpang yang berada di bandara tersebut.

"Saya sangat mencegah mereka mengucapkan 'Selamat Natal' atau salam serupa lainnya kepada penumpang, karena itu seperti isyarat. Tidak peduli seberapa santai atau tulus, tapi bisa saja disalahtafsirkan sebagai meminta tip," jelas Manajer Umum Miaa Jose Angel Honrado.

Honrado menambahkan, selain ucapan selamat natal itu, ucapan lain masih diperbolehkan. “Senyum hangat dan ramah cukup, dan tentu saja itu harus," tambahnya.

Honrado mengatakan larangan ini ditujukan untuk karyawan dan personil yang berjaga di counter bandara atau mereka yang ditugaskan untuk membantu penumpang. "Ini tidak baik untuk personel bandara, termasuk petugas imigrasi dan petuga bea cukai, karena bisa dianggap sebagai pengumpul hadiah," katanya.

Agar tidak menimbulkan perdebatan panjang, bisa saja kita tidak mengikuti aturan tersebut. Namun tetap membuat sebuah pengingat didalam sebuah spanduk ataupun papan informasi bahwa para penumpang dimohon untuk tidak memberikan apapun terhadap petugas bandara.

Sumber : berbagai sumber - niel
Halaman :
1

Ikuti Kami