Siap-siap, Tarif Tol Naik Pada Bulan Ini

Nasional / 1 September 2011

Kalangan Sendiri

Siap-siap, Tarif Tol Naik Pada Bulan Ini

Budhi Marpaung Official Writer
1958

Bagi Anda para pengendara mobil dan juga pengguna jalan tol maka bersiap-siaplah mulai sekarang menguras dompet Anda lebih dalam lagi. Menurut rencana, Pemerintah akan menaikkan tarif jalan bebas hambatan hingga 13 persen pada awal September 2011.

Menurut Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum Achmad Gani Gazali di Jakarta, belum lama ini, ada 13 ruas jalan tol yang akan mendapat dampak dari kebijakan baru tersebut.

Namun begitu, Gazali sendiri mengaku masih belum mengetahui kapan tanggal pasti kenaikkan tarif tol karena ia sendiri belum menerima surat keputusan menteri terkait hal tersebut.

Gazali menegaskan BPJT akan menaikkan tarif tol yang disesuaikan dengan tingkat inflasi.

Kebijakan itu, tambahnya, sudah sesuai dengan Undang-undang Nomor 38 tahun 2004 tentang Kenaikan Tarif Tol dimana disitu disebutkan bahwa kenaikan tarif tol dilakukan setiap dua tahun, dan disesuaikan dengan inflasi. Adapun alasan menaikkan menurut UU itu  adalah untuk mempertahankan internal rate of return atau pengembalian investasi.

Biasanya kalau ada satu sektor yang tarifnya dinaikkan maka sektor-sektor lain akan mengikuti. Seperti biasa, yang jadi korban dari kebijakan baru pemerintah pastilah rakyat miskin. Agar tidak semakin menderita seharusnya pemerintah juga memikirkan bagaimana meningkatkan kesejahteraan mereka sehingga pemerintah tidak dicap sebagai pihak yang meminta-minta haknya tetapi tidak mau melakukan kewajibannya.

Sumber : metrotvnews/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami