Inilah Pahlawan Pertama Bencana Jepang

Nasional / 5 April 2011

Kalangan Sendiri

Inilah Pahlawan Pertama Bencana Jepang

daniel.tanamal Official Writer
3337

Namanya adalah Fujio Koshita berumur 57 tahun berprofesi sebagai seorang pemadam kebakaran (PMK) senior di Otsuchi, sebuah desa nelayan di pesisir timur laut Jepang. Dirinya didaulat menjadi menjadi orang pertama yang dianggap sebagai pahlawan, saat gempa bumi dan gelombang tsunami terjadi di Jepang, 11 Maret lalu. Nyawanya ia korbankan demi menyelamatkan ratusan jiwa lainnya.

Heroiknya aksi Koshita yang merupakan salah satu dari 28 anggota PMK Second Otsuchi Fire Unit yang mendatangi stasiun PMK di pinggir laut, sesaat setelah gempa besar mengguncang diceritakan Toru Suzuki (41) salah satu rekan Koshita. Saat listrik padam sehingga stasiun tidak bisa membunyikan tanda bahaya sebagai tanggapan peringatan pemerintah mengenai adanya bahaya gelombang tsunami.

Ketika Koshita dan beberapa anggota lainnya berusaha membunyikan tanda bahaya justru Koshita mengusir pria yang lebih muda itu dan menyuruhnya menyelamatkan diri. “Pergilah. Jangan khawatirkan aku,” ujar Koshita kepada Suzuki. Koshita pun bergegas pergi ke gudang dan mencari bel sirine tua, benda tersebut menyerupai penggulung benang pancing yang harus diputar secara manual agar sirine berbunyi keras.

Suara sirine penyelamat itu pun meraung keras di desa pesisir selama beberapa menit sebelum ombak setinggi 10 meter menghantam seluruh desa. Atas aksi ini Koshita pun menyelamatkan banyak warga di desa tersebut. “Suaranya sangat keras. Ia sangat berani, saya bangga terhadapnya,” ujar Kaito Yamasaki, siswa berusia 16 tahun yang sempat menyelamatkan diri karena suara sirine Koshita.

Namun gelombang tsunami yang diprediksi setinggi 5 meter itupun segera menggulung stasiun PMK, menaranya yang tinggi serta memeluk erat Koishita yang terus membunyikan sirine hingga ia sendiri tersapu ombak. “Menurut saya, ia sangat ingin menyelamatkan banyak nyawa sebanyak yang ia bisa,” ujar Suzuki mengenang rekannya. Suatu keputusan besar yang harus dibayar oleh Koishita, menjadi salah satu contoh dari pengorbanan Yesus Kristus. Bagaimana Yesus melakukannya? lihat disini

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami