Berbagi Kasih Bersama Mitra CBN

Entrepreneurship / 2 April 2011

Kalangan Sendiri

Berbagi Kasih Bersama Mitra CBN

Hot Triany Nadapdap Official Writer
2170

Mitra CBN, Natal yang identik dengan suasana penuh kebersamaan dan berbagi dengan orang lain merupakan aktivitas yang pasti kita temui di bulan Desember ini. Karena kita percaya, ‘Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima (Kisah Para Rasul 20:35b)’. Bertepatan dengan momen Natal, Tim Solusi Life, Jawaban.com, dan Mitra CBN mengadakan program Jawaban Kasih dengan mengunjungi penderita gangguan jiwa yang ada di Panti Embun Kasih (Jati Bening-Jakarta Timur). Aksi sosial ini dilakukan sebagai perwujudan kasih Tuhan kepada orang yang tidak mendapatkan perhatian bahkan cenderung terabaikan oleh lingkungan dan keluarganya.

Bentuk Jawaban Kasih dari Tim Solusi Life dan Jawaban.com adalah berupa pemberian dana sumbangan bagi pekerja panti yang terkumpul sebesar Rp 9 Juta, dan Mitra CBN yang menyediakan paket makan siang bagi seluruh penghuni panti.

Salah seorang Mitra CBN yang menyediakan paket makan siang, menyampaikan salam hangatnya bagi saudara-saudara yang ada di panti. “Pada kesempatan ini, saya tidak bisa bersama-sama melakukan aksi sosial dan bertemu langsung dengan saudara-saudara yang ada di panti. Semoga makanan yang ada, bisa mendukung program Jawaban Kasih. Tapi jika ada kesempatan lain, saya akan ikut melayani bersama Tim Mitra CBN,” ujar seorang Mitra CBN yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Sebelum berangkat ke Panti Embun Kasih, makan siang yang disediakan, dibawa ke rumah salah seorang Mitra CBN, Ibu Lieke Tampi (Permata Hijau) untuk mulai dikemas dalam bentuk paket makanan.

Kebanyakan Mitra CBN yang turut serta dalam aksi sosial ini belum pernah mengunjungi dan berinteraksi langsung dengan orang yang memiliki gangguan jiwa. Sekalipun beberapa dari mereka merasakan takut dan kuatir akan situasi maupun keadaan di panti, tetapi belas kasihan atas mereka yang mengalami ketergangguan jiwa membuat Mitra CBN tetap antusias dalam pelayanan ini.

Berikut kutipan interview singkat dengan beberapa Mitra CBN saat menyiapkan paket makan siang, sehubungan dengan program Jawaban Kasih yang diadakan:

“Kami bisa melayani hari ini karena kami diberkati Tuhan, jadi kita juga harus memberkati orang lain. Melihat orang lain bahagia lewat pemberian kita akan membuat kita bahagia. Saya sedikit takut, karena belum pernah sehingga tidak bisa membayangkan situasi di sana nanti.” (Ibu Widyawati Himawan)

“Saya senang sekali dengan program ini! Selain merasakan kebersamaan di antara Mitra CBN, kita sekaligus mendapat kesempatan menolong sesama. Saya bersedia untuk ikut serta lagi, jika acara seperti ini akan diadakan lagi.” (Ibu Dewi Sinai)

“Memberi bagi orang yang membutuhkan seperti yang saat ini kita lakukan, membuat kita menyadari bahwa kita tidak sendirian dan membuat kita menyadari akan kasih anugerah yang sudah Tuhan berikan kepada kita terlebih dahulu.” (Ibu Ingrawati Munaba)

Setelah persiapan paket makan siang diselesaikan, Mitra CBN dan Tim Solusi Life berangkat bersama menuju Jati Bening. Saat Mitra CBN tiba di Panti Embun Kasih, terlihat penghuni panti sedang berinteraksi (bermain dan bernyanyi, red.) dengan salah seorang host Solusi Life, Andy Otniel. Suasana yang akrab dan kedekatan dengan mereka yang membutuhkan perhatian, tergambar dengan jelas saat seluruh penghuni panti menyambut kedatangan para Mitra CBN, menyanyikan pujian bersama-sama dan berinteraksi langsung. Para penderita sakit jiwa itu, secara bersamaan menyapa Mitra CBN yang hadir dengan dipandu oleh Andy Otniel.

Setelah berdoa bersama sebelum makan siang (dipimpin oleh Ibu Dorkas-Ibu Rohani Panti Embun Kasih), para Mitra CBN membagikan paket makanan langsung kepada seluruh penghuni panti. Mereka semua makan dengan tenang, layaknya orang biasa dalam keseharian mereka, hanya dengan porsi lebih besar. Beruntung saat itu, porsi yang dibawa dalam jumlah yang lebih besar, sehingga semua makanan mencukupi kebutuhan semua penghuni panti.

Seusai makan siang, Tim Solusi Life dan Jawaban.com membagikan amplop “Persembahan Kasih” bagi pekerja panti yang rela bekerja tanpa digaji. Setelah berdoa bersama, acara Jawaban Kasih berakhir dan semua Mitra CBN berinteraksi dan bersalaman dengan seluruh penghuni panti.

Apakah kehadiran Mitra CBN di Panti Embun Kasih, sama dengan dugaan sebelum mereka datang?

Much better than I expected! Saya tidak takut berinteraksi dengan mereka. Saya bisa melihat bahwa mereka dididik dengan cukup baik, karena sebetulnya mereka semua bisa behave dan mengikuti doa dengan artikulasi yang baik, dan mereka mengerti. Saya kira Bapak Timoti dan tim-nya sudah melakukan  pekerjaan yang luar biasa. Setiap kali melakukan aksi sosial seperti ini, malah saya yang diberkati karena mengingatkan saya untuk selalu bersyukur dan berbagi. Dari tatapan mata mereka, terlihat mereka membutuhkan perhatian. Hanya memberikan senyum, mereka sudah merasa diperhatikan dan mereka merasa dicintai. Pasti apa yang kita lakukan hari ini, akan membekas di kepala mereka. Apa yang dikerjakan CBN ini, sangat membantu dan menyediakan sarana bagi kami untuk “melakukan sesuatu” bagi orang lain. Jika ada kegiatan lainnya, kami pasti akan ikut.” (Ibu Melyana)

(Liputan Program Jawaban Kasih ini, telah tayang di Solusi Life pada 27 Desember 2010, di O Channel)

 

Sumber : Data Mitra CBN - 2010
Halaman :
1

Ikuti Kami