Polusi Udara Lebih Mematikan Dibanding Kokain

Nasional / 1 March 2011

Kalangan Sendiri

Polusi Udara Lebih Mematikan Dibanding Kokain

daniel.tanamal Official Writer
3709

Hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Hasselt dan Universitas Katolik Leuven di Belgia menyimpulkan fakta mengejutkan. Polusi udara ternyata delapan kali lebih membahayakan kehidupan manusia. Lebih parah lagi polusi udara merupakan penyumbang utama serangan jantung daripada kokain.

Dilansir jurnal Lancet edisi februari 2011 seorang penderita sakit jantung yang mengonsumsi kokain, risiko mengalami serangan jantung meningkat 26 kali. Bila penderita penyakit jantung terpapar polusi udara, risiko mereka mangalami serangan jantung meningkat hingga 5 persen. Akan tetapi, karena jumlah orang yang terpapar polusi lebih banyak dari yang mengonsumsi kokain, otomatis polusi udara merupakan ancaman terbesar sebagai pemicu serangan jantung.

Menurut Telegraph, negara yang paling banyak mempunyai masalah dengan hal ini adalah Inggris dengan sekitar 124 ribu penduduknya terkena serangan jantung setiap tahun. Dari jumlah itu sekitar 9.200-nya dipicu polusi udara, sedangkan 1.100-nya karena mengkonsumsi kokain.

Studi penelitian ini memang menunjukan efek buruk dari polusi udara ternyata mengganggu setiap bagian vital manusia, merusaknya bahkan dapat mematikan seketika. Pantauan faktor dari 36 studi analisis tersebut adalah faktor risiko serangan jantung seperti emosi, hubungan seksual, porsi makan berlebihan, konsumsi alcohol,  kopi, menghisap ganja dan kokain.

Sumber : Berbagai Sumber/DPT
Halaman :
1

Ikuti Kami