Berhemat Layaknya Menurunkan Berat Badan

Investment / 1 February 2011

Kalangan Sendiri

Berhemat Layaknya Menurunkan Berat Badan

Puji Astuti Official Writer
4922

Tahukah Anda bahwa prinsip-prinsip untuk menurunkan berat badan dapat diterapkan dalam keuangan Anda? Seorang wanita bernama Alice Wood telah membuktikan hal ini. Alice merupakan pendiri Wealth Watcher’s. Awal ia memulai hal ini dimulai dari sebuah tragedyi, saat itu Alice mengalami cendera otak, dan mengalami kenaikan berat badan yang cukup besar. Ketika ia mencoba tehnik Weight Watcher dan berhasil menurunkan berat badannya sebesar 20 pound atau 9 kilogram, dia berpikir hal ini mungkin bisa diterapkan juga dalam keuangan.

Benar saja, hal itu berhasil. Di tahun pertama, Alice dan suaminya berhasil mengumpulkan 12.000 dolar dalam waktu satu tahun. Jumlah yang besar bukan? Hal ini dimulai dari memotong sen demi sen setiap hari. Kelihatannya sedikit jika kita melihatnya per hari, namun dalam satu tahun itu sangat bernilai.

Caranya, Alice mengungkapkan dengan melacak setiap pengeluaran Anda sama seperti sewaktu Anda melacak kalori yang Anda makan ketika hendak melakukan diet. Dalam bukunya, Wealth Watcher, Alice menjelaskan bagaimana membuat jurnal pengeluaran. Inilah intinya:

  1. Evaluasi: kumpulkan semua pengeluaran dan slip gaji Anda lalu cari tahu berapa pengeluaran real yang Anda harus keluarkan setiap bulannya.
  2. Buatlah anggaran dana harian: pisahkan antara kemampuan Anda membeli dalam satu bulan dengan pengeluaran harian Anda.
  3. Catatlah setiap rinciannya, setiap sen yang keluar dan untuk apa.

Alice mengungkapkan bahwa dengan cara ini Anda dapat dengan mudah mengenali pengeluaran uang yang tidak perlu  

Prinsip yang perlu Anda camkan baik-baik adalah : setiap hari setiap rupiah itu dapat membuat perbedaan, hal tersebut merupakan motto dari Wealth Watcher. Bagaimana kita memilih untuk menghabiskan waktu dan uang kita setiap harinya akan mengubahkan kehidupan kita. Tuliskan setiap pengeluaran uang Anda, dengan cara ini Anda bisa menentukan dibagian mana saja uang Anda layak untuk mengalir.

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami