Dubes Vatikan Kini Resmi Di Vietnam

Internasional / 14 January 2011

Kalangan Sendiri

Dubes Vatikan Kini Resmi Di Vietnam

daniel.tanamal Official Writer
2373

Semenjak berakhirnya perang Vietnam, dan perkembangan populasi umat Katolik yang besar dan signifikan di bumi Ho Chi Minh itu, Vietnam memang tak memiliki hubungan diplomatik dengan Tahta Suci Vatikan. Alasan ideologi negara yang bersebarangan juga tidak seragamnya pemikiran hingga sengketa tanah gereja menjadi penyebabnya.

Namun semenjak Paus Benedict XVI, yang kemarin Kamis (13/1), menunjuk duta besar Vatikan pertama untuk Vietnam langkah awal perbaikan hubungan antara kedua negara tersebut mulai menemui titik terang dan harapan yang jelas.

Adalah Uskup Agung Leopoldo Girelli sebagai yang akan menjadi duta besar Vatikan di negara sosialis tersebut. Uskup Agung Girelli lahir di Predore, Bergamo, Italia Utara 13 Maret 1953. Ia diangkat menjadi pastor pada 17 Juni 1978. Ia menyandang gelar doktor dalam bidang teologi pastoral, bergabung dalam korps diplomatik Vatikan bulan Juli 1987. Girelli sebelumnya bertugas sebagai duta besar Vatikan untuk Indonesia.

Vietnam mempunyai komunitas Katolik Roma terbesar setelah Filipina di kawasan Asia Tenggara, hampir enam juta orang di antara 86 juta jumlah penduduknya. Kala itu pemerintahan memutus hubungan diplomatik pada 1975 saat negeri itu bersatu setelah perang Vietnam. Hubungan membaik sejak 1990, ditandai dengan kunjungan berkala oleh kardinal Vatikan ke Vietnam, hingga Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Tan Dung melakukan kunjungan bersejarah ke Vatikan pada 2007. Kunjungan tersebut menandai pencairan besar hubungan diplomatik kedua negara.

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami