Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lois

Official Writer
5413


Gerakan Hari Pembakaran Al Quran Sedunia dipelopori oleh Dove World Outreach Center di Florida, Amerika Serikat. Rencana pembakaran Al Quran yang dilangsungkan bertepatan dengan sembilan tahun tragedi 11 September 2001 itu dipimpin oleh Dr. Terry dan Sylvia Jones dengan mengatasnamakan umat Kristen dan mengajak seluruh umat berpartisipasi melalui akun Facebook-nya. Tak kurang dari sekitar 1.500 orang yang mengklik tombol "Like" di statusnya tersebut. Terry Jones, sesuai yang dilansir news.au, menyatakan bahwa Islam dan hukum syariah yang bertanggung jawab atas kejadian WTC 11/9 tersebut.

Dari dalam negeri sendiri, pada hari ini, Rabu (4/8) sejumlah tokoh pluralis dan organisasi di Indonesia berkumpul untuk menentang Gerakan Hari Pembakaran Al Quran Sedunia di AS tersebut. "Kami menyerukan agar umat manusia, termasuk umat beragama di Indonesia, tak terjebak dalam perbuatan-perbuatan anarki seperti ini yang justru tidak memperlihatkan sikap keberadaban," ujar Gerakan Peduli Pluralisme pada pernyataan pers bersama di Gedung Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), Jakarta.

Gerakan ini juga mengatakan bahwa pembakaran Al Quran tersebut merupakan pelecehan terhadap agama Islam dan pelanggaran terhadap kebebasan beragama. "Kami mengecam keras rencana aksi pembakaran Al Quran oleh Dove World Outreach Center. Kami minta mereka menarik pernyataannya dan menghentikan rencana aksi yang tidak terpuji dan melecehkan keyakinan iman agama lain," ujar Gerakan Peduli Pluralisme tersebut.

Adapun kelompok yang menyatakan dukungan terhadap Gerakan Peduli Pluralisme adalah PGI, Parisadha Hindu Dharma Indonesia, Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia, Ma"arif Institute, Moderate Muslim Society, Forum Kerukunan Antarumat Beragama, Masyarakat Dialog Antaragama, Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia, dan Forum Lintas Agama.

Meskipun sebanyak 1.500 orang yang mengklik "Like" pada akun FB Terry Jones, bukan berarti tidak ada yang tidak suka. Buktinya di Indonesia sendiri, dari seluruh umat beragama bersatu menyatakan penolakannya. Tindakan ekstrim yang dilakukan oleh Gerakan Hari Pembakaran Al Quran Sedunia dikuatirkan akan mendatangkan perselisihan yang lebih lagi dalam umat beragama di dunia khususnya antara pemeluk agama Kristen dan Islam. Doakan jangan sampai hal ini terjadi.

Sumber : kompas/lh3

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Muhammad fachri Nasution 23 September 2019 - 03:07:04

I spoken word

0 Answer

Alfian Febriyan Official 22 September 2019 - 23:51:09

perbedaan sco unix dan sun unix

0 Answer

vina mukuan 22 September 2019 - 09:05:42

Saya hobby menulis lirik lagu rohani, tapi saya ti.. more..

0 Answer


nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

Banner Mitra September week 3


7277

Banner Mitra September week 3