Jelang Natal, Spesies Baru Pohon Natal Ditemukan

Nasional / 22 December 2010

Kalangan Sendiri

Jelang Natal, Spesies Baru Pohon Natal Ditemukan

Lois Official Writer
3590

Tanaman mistletoe adalah salah satu tanaman yang daunnya banyak dipakai untuk menghias rumah saat Natal. Tanaman ini merupakan tanaman parasit yang masuk dalam ordo Santalales. Menjelang Natal kali ini ternyata ada spesies baru mistletoe yang baru saja ditemukan. Spesies baru tersebut ditemukan di wilayah dekat Gunung Mabu, sebelah utara Mozambik, oleh para ilmuwan dari Royal Botanical Garden, Kew, London.

Nama spesies mistletoe yang ditemukan adalah Helixanthera schizocalyx. Spesies ini dijumpai pertama kali oleh Colin Congdon, seorang ahli kupu-kupu, yang menyadari bahwa spesies tumbuhan ini berbeda dengan yang biasa ditemukan di Malawi dan Tanzania. Hanya lima sampel tumbuhan yang dikoleksi dan kelimanya ditemukan tumbuh di pohon kopi. Penemuan mistletoe ini merupakan penemuan terbaik Royal Botanical Garden tahun ini.

Mistletoe biasanya menempel parisit di batang pohon elm, pinus, apel, dan ek. Tanaman ini mengambil sebagian nutrisi yang dibutuhkan tanaman lain. Mistletoe memiliki buah putih dengan biji di dalamnya. Buah ini akan dimakan oleh burung. Efek sampingnya, biji tumbuhan itu akan menyebar ke tempat lain.

Tentunya ada banyak tradisi Natal di negara lain yang belum Anda ketahui seperti yang satu ini. Salah satunya adalah tradisi yang dilakukan oleh negara bagian barat. Di negara barat sana, daun pohon itu dimanfaatkan sebagai hiasan dengan merangkainya dan menggantungkannya di depan pintu. Lalu, ada tradisi bahwa siapa saja yang berdiri di dekatnya harus mencium orang yang dikasihinya.

Sumber : kompas/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami