10 Gaya Dansa Agar Terlihat Bugar Dan Menawan (2)

Fit & Charming / 8 December 2010

Kalangan Sendiri

10 Gaya Dansa Agar Terlihat Bugar Dan Menawan (2)

Lestari99 Official Writer
5172

6. Salsa

Salsa bisa disebut sebagai gaya tari dari dan dalam dirinya sendiri, namun ada tarian khusus yang memiliki nama sama dan dipertontonkan di Street Latin dan beberapa gaya lainnya seperti Rueda. Salsa yang sebenarnya tidak terstruktur sama seperti yang terdapat dalam Street Latin, dalam hal ini biasanya banyak memiliki improvisasi dan gerakan spontan. Salsa biasanya optimis, menyenangkan dan cukup indah, dan dapat ditarikan di klub salsa sebagaimana klub non-latin lainnya.

Belajar salsa butuh usaha lebih karena salsa yang sebenarnya tidak memiliki aturan yang baku – Anda hanya perlu mengikuti arus dan juga musik yang diperdengarkan. Hal ini dapat membuat Anda yang baru belajar salsa menjadikannya sedikit rumit! Namun jika Anda mengikuti beberapa prinsip dasar sesuai musik, dan melakukan sinkopasi untuk menciptakan pola gerakan bervariasi, maka Anda biasanya akan berakhir dengan tarian yang sangat menarik dan kreatif.

Hal lainnya tentang salsa adalah Anda bisa menarikannya dengan siapapun yang Anda suka, dan karena tidak ada aturan baku di dalamnya, Anda bisa melakukan gerakan-gerakan spontan bersama dan tidak perlu kuatir akan pandangan orang akan gerakan tari Anda.

7. Swing

Tarian Swing adalah istilah payung yang biasanya meliputi Rock n Roll, Jitterbug, Charleston, Lindy Hop dan Modern Jive. Secara pribadi saya sangat menyukai swing karena rasanya mirip degan gaya ballroom dengan menyertakan Jive tetapi dengan santai dan terasa funky. Swing adalah gaya yang sangat bagus jika Anda tergabung dalam pergaulan penari, karena gerakan ini didasarkan pada gagasan pergi ke sebuah klub jazz dan menari dengan teman-teman serta kenalan baru, sehingga sangat menyenangkan melakukannya sebagai sebuah gaya tari.

Di dalam swing terdapat beberapa langkah dasar yang dapat Anda gabungkan dalam kombinasi yang berbeda tergantung pada jenis musiknya, dan hal itu mempermudah mereka yang membutuhkan struktur saat mereka menari. Sangat mudah untuk mulai belajar swing, dan secara umum tidak ada aturan mengenai apa yang harus Anda pakai. Anda hanya perlu memakai pakaian yang nyaman dan praktis untuk melakukan gerakan-gerakan tari. Hak tinggi tidak diperlukan bagi wanita, seperti sepatu yang dikenakan untuk gaya swing yang paling populer sebenarnya adalah sepatu jazz.

8. Jazz

Beberapa gaya jazz mirip gerakan swing, beberapa lainnya mirip Funk maupun Hip-Hop. Hal ini sangat tergantung Anda hendak menarikannya ke arah mana. Hal baik mengenai Jazz adalah tarian ini biasanya merupakan gaya kelompok. Jadi jika Anda merasa tidak nyaman untuk menari sendirian dengan partner Anda tapi menikmati musik jazz yang ada di swing, maka mungkin Anda lebih cocok di jazz.

Biasanya jazz telah menetapkan gerakan yang Anda ikuti, sering didasarkan pada konsep maupun koreografi yang ideal. Saya menyaksikan pertunjukan jazz baru-baru ini yang didasarkan pada kabaret film yang menampilkan cuplikan swing dan sedikit gerakan tap. Kostum yang dikenakan dalam pertunjukan jazz cenderung harus benar-benar unik dan menarik, sebagaimana setiap gerakannya, jazz bisa sangat mendramatisir dan ‘bercerita’ lebih banyak daripada gaya tari lainnya. Jadi jika Anda memiliki latar belakang teater, maka Jazz mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

9. Flamenco

Untuk beberapa alasan, orang cenderung melupakan Flamenco ketika mereka berpikir tentang tarian. Namun sebenarnya tarian ini merupakan gaya tari yang sangat terkenal dengan banyak penari dan penggemar di seluruh dunia! Flamenco telah sangat dipengaruhi banyak gaya tari lainnya, dan beberapa tarian dalam gaya lainnya (seperti Paso Doble) didasarkan dari penafsiran Flamenco.

Secara tradisional, Flamenco adalah gaya tari Spanyol tetapi sekarang dinikmati seluruh dunia dan telah disesuaikan dengan penambahan musik dan gaya Kuba serta Amerika Latin.

Ada beberapa jenis flamenco, seperti juerga yang merupakan tarian tidak resmi, menampilkan tarian informal yang spontan, biasanya dengan satu atau dua penari maupun pasangan tari dengan live music. Ada juga flamenco yang ditampilkan di teater dan cafe, yang biasanya dilakukan oleh penari kelompok menengah dengan set koreografi yang dirancang untuk menghibur dan menampilkan gaya. Ada juga flamenco untuk pertunjukan teater utuh, yang mirip dengan balet yang direncanakan dan koreografi dengan kostum, alat peraga, latar belakang dan biasanya alur cerita yang diceritakan secara utuh melalui tarian.

Tarian ini sedikit rumit untuk dipilih, namun latar belakang budayanya sangat kaya dan terlibat di dalam flamenco dapat benar-benar bermanfaat, terutama jika Anda mencari gaya tari di mana Anda dapat mengekspresikan dan menikmati budaya lain.

10. Funk Dan Hip-Hop

Ini merupakan gaya tari yang tak dapat didefinisikan karena bisa sangat bervariasi tergantung stusio tari yang Anda tuju, siapa yang menarikannya dan bagian dunia mana Anda berada. Tergantung pada pengaruh individu dari setiap penari dan studio, tampilan maupun ‘rasa’ dari funk dan hip-hop bisa benar-benar berbeda. Secara umum, funk dan hip hop dilakukan dengan menggunakan musik modern, biasanya dari beberapa lagu populer yang diinspirasi dari Afrika, latin dan jazz. Gaya tari ini dapat dibawakan secara perorangan maupun berkelompok, sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda menyukai lingkungan yang santai untuk belajar dan tidak terlalu menyukai tarian yang terstruktur, maka tarian ini mungkin cocok bagi Anda.

Kebanyakan gaya funk dan hip-hop adalah otodidak, dan sering menggunakan fitur langkah dari tarian lain seperti salsa, swing, tap bahkan break-dance. Kebanyakan funk dan hip-hop bergaya bebas dan diimprovisasi. Pakaian yang dikenakan berbeda tergantung apa yang ingin Anda sampaikan tetapi aturan praktisnya adalah apapun yang nyaman. Tarian ini membuat jantung Anda memompa dengan cepat sehingga sangat baik sebagai latihan jantung!

Jadi ada 10 gaya tari yang bisa Anda pilih dan terlihat keren untuk bersenang-senang saat Anda melakukannya.

Sumber : allwomenstalk
Halaman :
1

Ikuti Kami