Christmas Angel

Kata Alkitab / 4 December 2010

Kalangan Sendiri

Christmas Angel

Puji Astuti Official Writer
5129

Salah satu hal yang menonjol dalam Natal adalah kunjungan malaikat ke pribadi-pribadi yang terlibat dalam Natal pertama. Injil Matius & Lukas merekam kunjungan malaikat-malaikat ini kepada pribadi-pribadi yang terlibat Natal pertama: Malaikat mengunjungi Yusuf, Malaikat mengunjungi Maria, dan Malaikat mengunjungi para gembala (Mat.1;20, Luk.1:26-27, 2:8-9).

Malaikat berulangkali  disebutkan di dalam Alkitab (NASB 196 kali, Indonesia (LAI) 285 kali), baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Malaikat adalah makhluk yang bermoral, makhluk rohani, mereka adalah ciptaan Tuhan dan mereka juga punya kepribadian. Malaikat tidak punya jenis kelamin, tetapi mereka digambarkan sebagai ciptaan yang kuat: dalam 2 Raja 19:35 dikatakan bahwa seorang Malaikat Tuhan membunuh 185 ribu orang Asyur! 

Selain memuji dan memuliakan Tuhan, maka malaikat juga bertugas untuk menyampaikan pesan Tuhan serta melayani orang-orang percaya! 

Ibrani 1:14 Bukankah mereka (malaikat) semua adalah roh-roh yang melayani, yang diutus untuk melayani mereka yang harus memperoleh keselamatan?

Malaikat melayani orang percaya dengan memberikan penghiburan dan kekuatan.  Yesus punya pengalaman dihibur dan dikuatkan oleh malaikat. Dua kali Injil menyebutnya. Yesus puasa empat puluh hari di padang belantara dan kemudian dicobai oleh setan. Mat 4:11 Lalu Iblis meninggalkan Dia, dan lihatlah, malaikat-malaikat datang melayani Yesus Memang tidak disebutkan bagaimana pelayanan malaikat kepada Yesus. Tapi kita percaya malaikat-malaikat tsb menghibur dan memberikan kekuatan kepada Yesus setelah Dia melewati hari-hari yang penuh dengan pencobaan. Kemudian waktu Yesus ada di Taman Getsemani “seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya” -Lukas 22:43

Hari-hari ini mungkin Saudara sementara menghadapi keadaan yang sepertinya dead end, mari berdoa kepada Tuhan dan harapkanlah malaikat-Nya untuk memberikan penghiburan & kekuatan.

Pelayan malaikat yang lain adalah memberikan perlindungan dan kelepasan. Daniel dilemparkan ke gua singa, tetapi dia dilepaskan oleh malaikat Tuhan! (Daniel 6:23). Hari-hari ini mungkin iblis seperti singa yang mengaum-aum berusaha untuk melahap Saudara, tetapi percayalah bahwa Tuhan memerintahkan malaikat-malaikat-Nya untuk melindungi dan melepaskan kita!

Mazmur 34:8 Malaikat TUHAN berkemah di sekeliling orang-orang yang takut akan Dia, lalu meluputkan (delivers) mereka.

Biarlah di Natal 2010 ini kita menyadari peran dan hadirat malaikat Tuhan. Kalau Yusuf, Maria dan para gembala mengalami pelayanan Tuhan di Natal pertama, biarlah kita juga mengalami hal yang sama di Natal 2010 ini. Malaikat berkemah di sekelilingmu!

Sumber : GPDI Lippo Cikarang
Halaman :
1

Ikuti Kami