Peringatan : Jangan Natalan dengan Mengutang

Internasional / 28 November 2010

Kalangan Sendiri

Peringatan : Jangan Natalan dengan Mengutang

Lois Official Writer
2921

Umat Kristen yang Menentang Kelaparan meminta orang-orang agar tidak menghabiskan hasratnya dengan berbelanja untuk perayaan Natal. Para penasihat debit itu mengatakan bahwa dengan tidak berbelanja, tidak akan membunuh kita tapi mereka ingin setiap orang punya pemandangan yang jelas mengenai strategi membelanjakan uang dengan aman di awal tahun baru nanti.

Matt Barlow, kepala eksekutif CAP percaya bahwa strategi ini sangat bijaksana dan lebih ekonomis. “Saat ini adalah saat-saat tersulit kita dan biasanya cobaan datang dengan mengatakan ‘Setidaknya kita harus punya Natal yang luar biasa’ dan menggunakan alasan tersebut untuk menghabiskan uang yang belum kita punya,” katanya.

“Tahun baru penuh dengan ketidakpastian, kehilangan pekerjaan, pajak pendapatan yang meningkat, perubahan keuntungan, tagihan-tagihan yang besar dan kita tidak mengerti apa yang akan dilakukan oleh suku bunga.” begitu jelasnya. Untuk itu, yayasan ini mengeluarkan sepuluh tips untuk menghindari hutang-hutang pada saat Natal, yaitu :

Tentukan pada bagian apa yang harus Anda keluarkan, buatlah list dan yang memungkinkan. Membayar dengan uang tunai akan mengontrol pengeluaran Anda. Biarkan anak Anda melihat rencana hati-hati anda dan Anda akan mengajarkan mereka pelajaran yang sangat berharga dalam kehidupan.

Menyiasati hal-hal yang akan datang sedini mungkin. Jika ada hal-hal yang tidak bisa dilakukan atau barang yang tidak bisa dibeli, jujurlah pada keluarga Anda. Anda mungkin berada di perahu yang sama tapi hal ini dapat membuat anggota keluarga Anda mengalami Natal yang lebih bahagia lagi.

Lihat apakah keluarga Anda akan bersama-sama Anda membeli apa yang dikehendaki anak Anda, daripada setiap orang memberikan mereka hadiah dan menghabiskan uang di kantong.

Belilah hadiah lebih sedikit dan juga lebih murah harganya. Ada barang murah yang bisa menambah kegembiraan pada Natal Anda.

Jangan pernah meminjam uang untuk Natal. Berikan voucher atau buatlah hadiahnya sendiri daripada membelinya. Sebagai contoh, biscuit buatan sendiri, coklat, maupun hadiah indah lainnya. Hal ini juga menunjukkan perhatian dan waktu yang Anda berikan untuk mereka.

Ingat, Anda tidak bisa membeli cinta. Karena itu, jangan merasa bersalah jika Anda tidak bisa memberikan hadiah di saat-saat terakhir untuk anak Anda. Nikmati semua benda dengan harga murah, tapi pilihlah yang terbaik dan jangan gunakan semua uang Anda untuk hal-hal yang kurang diperlukan.

Kiranya, tips dari yayasan ini juga dapat bermanfaat bagi kita semua yang sebentar lagi akan merayakan Natal.

Sumber : christiantoday/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami