Hewan-Hewan Di Alkitab Dipamerkan Di Kebun Binatang Israel

Nasional / 27 November 2010

Kalangan Sendiri

Hewan-Hewan Di Alkitab Dipamerkan Di Kebun Binatang Israel

Lestari99 Official Writer
5716

Tampilan umum Alkitab di Amerika telah memicu perdebatan bahkan perang hukum dalam beberapa tahun terakhir. Namun di Yerusalem, bahkan kebun binatang memiliki tema Alkitabiah.

Sebuah fakta kecil yang perlu diketahui adalah monyet berada di antara harta kapal-kapal Tarsis yang dibawa Raja Salomo setiap tiga tahun. Sepotong pengetahuan tersebut dan banyak lagi yang lainnya muncul di dalam kehidpan melalui Kebun Binatang Keluarga Tische atau yang lebih dikenal sebagai Kebun Binatang Alkitab. 700.000 pengunjung dalam setahun juga belajar bahwa ada lebih banyak kehidupan hewan di Israel daripada sekedar unta dan domba.

Tidak jauh dari jalan-jalan yang sibuk di Yerusalem, Kebun Binatang Alkitab dengan lahan seluas 60-acre telah menjadi rumah bagi lebih dari 1.000 binatang. Banyak di antara binatang tersebut asli Israel atau telah punah di Tanah Suci. Namun, kebun binatang ini telah membawa mereka kembali ke tanah air mereka.

Binatang punah tersebut termasuk hewan yang diperjuangkan oleh seorang gembala muda bernama Daud. Beruang coklat Syria, yang tinggal di Israel utara, sempat punah di tanah tersebut selama lebih dari 100 tahun.

Singa tidak lagi mondar-mandir di perbukitan Israel, namun pada satu waktu yang lampau kehadiran binatang tersebut merupakan suatu hal yang biasa.

“Kami pikir sianga Asia merupakan singa yang berkeliaran di tanah Israel lebih dari 800 tahun yang lalu dan disebutkan di dalam Alkitab dan tentu saja binatang ini merupakan simbol dari Yerusalem dan suku Yehuda,” ujar Tamar Raviv, perwakilan pemasaran Kebun Binatang Alkitab ini.

Walaupun gajah tidak ditemukan di dalam Alkitab, namun gading disebutkan beberapa kali di Alkitab sebagai barang komoditas yang berharga.

Beberapa orang bijak Yahudi percaya bahwa ‘domba gunung’ sebenarnya jerapah dan raksasa dalam Kitab Ayub dianggap kuda nil.

Di lahan Alkitab ini, pelestarian satwa dari Alkitab ini dapat dilihat secara bebas sebagaimana habitat asli mereka, seperti Nubian Ibex disebut sebagai ‘kambing liar’ dalam Alkitab. Tanduk para pejantannya bisa tumbuh lebih dari 50 inchi panjangnya dan menjabat sebagai shofars, tanduk upacara di kuil Yahudi kuno.

Hewan lain seperti rusa bera Persia benar-benar punah di Israel.

“Hari ini berkat program pemulihan khusus, Anda benar-benar dapat melihat binatang-binatang itu di banyak bagian alam Israel,” ujar Raviv.

Ada juga Bahtera Nuh yang dapat dikunjungi dengan rancangan khusus untuk menangkap konsep alkitabiah dalam melestarikan binatang.

“Jadi, bahtera ini merupakan salah satu simbol kami yang menghubungkan kisah-kisah di Alkitab dengan hal-hal aktual yang kita lakukan di sini saat ini,” tambah Raviv.

Namun Kebun Binatang Alkitab lebih dari hanya sekedar pameran binatang. Namun ini tentang keberadaan Yerusalem yang sesungguhnya.

“Kami ingin semua orang datang dan merasa diterima di tempat yang memiliki kepentingan bersama, antara binatang, alam dan konservasi,” ujar Raviv.

Sumber : cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami