Tanda Umat Katolik Cina Pecah

Internasional / 22 November 2010

Kalangan Sendiri

Tanda Umat Katolik Cina Pecah

daniel.tanamal Official Writer
3369

Perpecahan jutaan umat Katolik Cina yang mendukung Paus dan gereja yang didukung pemerintah, Gereja Patriotik Cina sudah berlangsung sejak lama. Mulai 1950-an Vatikan dan Beijing tidak lagi memiliki hubungan diplomatik sejak Beijing mengusir seorang pastor asing.

Perpecahan inipun nampaknya akan lama berlangsung karena masalah baru telah muncul. Tanpa persetujuan Paus Benediktus XVI, Gereja dukungan pemerintah Cina mentahbiskan seorang uskup bernama Guo Jincao yang dilakukan di kota Chengde Cina timur laut dengan pengamanan ketat.

Vatikan sendiri mengkhawatirkan bahwa nantinya Beijing akan memaksa para uskup pendukung Paus untuk menghadiri upacara suci ini.


Juru bicara Paus, Pastor Federico Lombardi tegas angkat bicara dalam masalah ini. Menurutnya jika Beijing memaksa para uskup Katolik Roma Cina untuk menghadiri upacara di Chengde maka “undangan” tersebut akan dipandang sebagai pelanggaran serius kebebasan beragama yang juga akan merusak hubungan Cina-Vatikan.

Anggota Gereja Katolik lain memandang hal ini jelas bertentangan karena mereka memandang hanya Paus di Roma yang berhak mengangkat uskup baru. Diluar itu adalah illegal, karena otoritas tertinggi tentu saja dimiliki Paus.

 

 

Sumber : bbc/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami