Permohonan Doa Haiti Setelah Dilanda Bencana Beruntun

Internasional / 17 November 2010

Kalangan Sendiri

Permohonan Doa Haiti Setelah Dilanda Bencana Beruntun

Lestari99 Official Writer
2865

Wabah kolera diperkirakan telah merenggut hampir 1.000 kematian di Haiti dan wabah ini masih terus menghancurkan bangsa Karibia yang sedang berusaha memulihkan diri pasca gempa 7.0 SR di awal tahun ini.

Menurut Departemen Kesehatan Haiti, 917 orang dinyatakan tewas akibat kolera dan lebih dari 14.000 lainnya dirawat di rumah sakit.

“Pertama gempa, lalu wabah kolera, dan sekarang... cuaca yang berubah menjadi buruk di sini. Semua hal ini menguji batas kemampuan rakyat Haiti,” ujar Sabrina Pourmand-Nolen, direktur program darurat World Vision di Haiti, dalam pernyataannya baru-baru ini.

Kolera, yang disebabkan oleh infeksi bakteri tertentu, kebanyakan terjadi di tempat-tempat di mana tersedianya akses terbatas akan air bersih atau sanitasi yang buruk. Banjir dari badai Thomas awal bulan ini semakin memperburuk kondisi sanitasi di Haiti.

Kelompok-kelompok bantuan sebagian besar telah berfokus pada pencegahan melalui pendidikan kesehatan dan juga pendistribusian sabun.

Bright Hope adalah gereja lokal yang memanfaatkan jaringan dan mitra di Haiti untuk mendidik masyarakat Haiti akan tindakan-tindakan sehat yang bisa mencegah penyebaran wabah ini lebih lanjut.

Jaringan ini juga mendistribusikan penyediaan rehidrasi dan obat-obatan.

Menurut Bright Hope, pengobatan utama untuk para penderita kolera adalah terapi rehidrasi oral, yaitu berupa larutan garam, gula dan air bersih yang harus diberikan dalam dosis besar.

“Tolong bawa orang-orang Haiti dalam doa Anda karena mereka belum menghadapi tantangan hidup lainnya yang mengancam,” ujar Presiden Craig H Dyer di hadapan publik.

Sumber : christiantoday
Halaman :
1

Ikuti Kami