Situasai Membaik, Vatikan Bantu Mentawai

Internasional / 15 November 2010

Kalangan Sendiri

Situasai Membaik, Vatikan Bantu Mentawai

daniel.tanamal Official Writer
3929

Bantuan dana kemanusiaan bagi korban bencana alam di Mentawai terus berdatangan. Salah satunya, bantuan juga datang dari pemerintah Vatikan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan di dunia.

Jumlah dananya pun dinilai cukup besar untuk bisa membangun kembali kepulauan yang telah porakporanda diterjang tsunami tersebut. "Cukup besar jumlahnya, USD40 ribu dan sudah disalurkan," kata Ketua Presidium Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Martinus D Situmorang di kantor KWI Jakarta, Jumat (12/11/). Sedangkan bantuan untuk korban Merapi, lanjutnya, belum diberikan secara cash oleh pihak Vatikan. "Secara cash belum, tapi pasti ada. Uskup-uskup belum melapor ke KWI, jadi harus dicek ke uskup," ujarnya.

KWI juga merespons positif cepatnya masyarakat membantu mereka yang terkena musibah bencana alam di Indonesia. "Mereka spontan untuk peduli kepada korban. Itu saya kira yang harus kita hargai," ujar Sekjen KWI Johanes Pujasumarta.

Di sisi lain, Situmorang meminta kesiapan gereja-gereja dalam menghadapi bencana alam di Indonesia. "Ke depan gereja harus menolong masyarakat untuk lebih siap menghadapi bencana terutama daerah yang rentan terhadap bencana," tutupnya.

Sementara itu setelah dilanda bencana gempa dan tsunami, situasi di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, dilaporkan terus membaik. Hunian sementara bagi warga sudah mulai dibangun dan turis asing sudah kembali berdatangan. Situasi para pengungsi sendiri kini terus membaik. Kini tersisa 7.830 orang yang masih berada di tenda darurat.

Data terakhir dari Posko Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPB) Sumbar, jumlah korban tewas akibat tsunami dan gempa di Kepulauan Mentawai bertambah menjadi 448 orang dan 56 orang saat ini masih dinyatakan hilang.

 

Sumber : Berbagai sumber/dpt
Halaman :
1

Ikuti Kami