Kraton Yogya Siap tampung Pengungsi

Nasional / 7 November 2010

Kalangan Sendiri

Kraton Yogya Siap tampung Pengungsi

Lestari99 Official Writer
3151

Sri Sultan Hamengkubuwono X selaku Gubernur DIY sekaligus raja Kraton Yogyakarta menyatakan keprihatinannya terhadap nasib ribuan pengungsi Merapi dengan membuka pintu kraton lebar-lebar bagi mereka.

Sebagaimana kami lansir dari detiknews.com, Sri Sultan mengungkapkan hal ini usai menghadiri doa bersama di Kraton Yogyakarta pada hari Minggu (7/10). Meskipun diakui Sultan kalau kraton tidak didesain untuk pengungsian, tapi ia tetap membuka pintu jika sekiranya para pengungsi membutuhkan.

Sultan sangat berharap agar aktivitas gunung Merapi dapat segera turun intensitasnya. Karena saat ini gelombang pengungsian terus meningkat terutama ke daerah Utara yang merasakan dampak terparah dari letusan Merapi sehingga pengungsi banyak tertumpuk di daerah Klaten, Magelang dan sekitarnya. Yogya sendiri yang berada di sebelah selatan Merapi cenderung lebih aman meskipun tetap merasakan hujan debu vulkanik Merapi yang dahsyat.

Sultan berharap para aparat yang bersentuhan langsung dengan para pengungsi untuk bersungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan meskipun sejauh ini ia menilai penanganan yang dilakukan aparat sudah relatif baik.

Bencana Merapi adalah bencana kita semua. Derita Merapi adalah derita kita juga. Sudah sewajarnyalah jika setiap pihak membuka hati dan tangan lebar-lebar memberikan bantuan bagi saudara kita sebangsa yang terkena musibah. Bagi Anda yang terbeban meringankan derita saudara sebangsa, silahkan klik di sini.

Sumber : detiknews
Halaman :
1

Ikuti Kami