Inspirasi Bugar dari Dr. Pamela Peeke

Fit & Charming / 29 July 2010

Kalangan Sendiri

Inspirasi Bugar dari Dr. Pamela Peeke

Lois Official Writer
3362

Anda kesulitan mengatur pola diet dan olahraga? Tips dari Dr. Pamela Peeke, penasihat medis Discovery Health Channel National Body Challenge, berikut bisa menjadi inspirasi Anda. Yang pertama, tulislah tiga atau empat tujuan yang jelas dan spesifik yang bisa Anda pertahankan. Contohnya, Anda ingin menurunkan setengah kilogram lemak setiap minggu dengan jalan kaki minimal 30 menit selama lima hari. Jangan merencanakan tujuan yang terlalu muluk sehingga hanya akan membuat Anda frustasi.

Siapkan diri dengan membuang semua bahan olahan dan cepat saji dan gantilah dengan makanan segar dan utuh kaya air serta sayur-sayuran. Jika Anda ingin jalan kaki seperti di atas, belilah sepasang sepatu jalan dan pakaian yang nyaman dipakai untuk jalan. Carilah teman dekat yang bisa memberikan dukungan saat Anda mencoba menurunkan berat badan atau yang bisa menemani Anda jalan kaki bersama.

Penelitian menunjukkan, menulis semua aktifitas fisik dan asupan makanan dalam sebuah jurnal atau buku catatan akan meningkatkan kemungkinan sukses, jadi tidak ada salahnya jika mulai sekarang Anda menulis semua aktifitas fisik Anda. Ciptakan sistem hadiah untuk diri Anda sendiri. Anda pantas mendapatkan hadiah setelah mencapai tujuan. Tapi jangan menghadiahi diri dengan makanan, pilihlah sepatu, perawatan di spa, buku yang ingin dibaca, menonton film yang disukai, apapun itu.

Pedometer bisa mencatat jumlah langkah Anda setiap hari. Pakai setiap hari, di sekitar rumah, tempat kerja atau sambil berolahraga. Cobalah melangkah hingga 10.000 langkah sehari. Dengan berjalan 25.000 langkah, Anda bisa membakar sekitar 100 hingga 125 kalori. Dengan tantangan ini bertujuan membakar 300 kalori ekstra dipadukan dengan pengurangan 200 kalori dari makanan per harinya. Pengurangan 500 kalori ini setara dengan menurunkan setengah kilogram lemak tubuh per minggu dan merupakan cara sehat meningkatkan rasa percaya diri.

Cobalah menghindari makan terlalu malam dengan mengkonsumsi makan malam sehat yang terdiri dari protein rendah lemak, sayur-sayuran, dan buah. Jika Anda mengkonsumsi banyak kalori berlebih setelah jam delapan malam, kalori tersebut akan menjadi lemak keesokan harinya. Hindari juga gula olahan yang cenderung putih : gula meja, pasta, nasi, dan roti putih.

Pada sore hari, Anda dapat mengkonsumsi kudapan. Kudapan ini akan menahan selera makan Anda sekaligus menyediakan energi untuk jalan sore atau ke gym. Pilihlah kudapan sehat seperti cracker whole grain dilapisi selai kacang, dua potong keju rendah lemak dan sebuah apel.

Cobalah sekarang juga, semakin cepat Anda mencoba, semakin cepat Anda melihat efeknya dan merasakan hasilnya. Jika Anda gagal menerapkannya, jangan salahkan diri Anda. Coba dan coba lagi. Dengan tekad dan semangat yang kuat, mudah-mudahan Anda dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Sumber : mediaindonesia/lh3
Halaman :
1

Ikuti Kami