Menjadi Vegetarian Tanpa Kekurangan Unsur Gizi

Gizi & Nutrisi / 28 July 2010

Kalangan Sendiri

Menjadi Vegetarian Tanpa Kekurangan Unsur Gizi

Lestari99 Official Writer
5024

Tubuh sehat dimiliki seseorang yang memiliki pola makan yang sehat pula. Empat sehat lima sempurna menjadi panduan banyak orang dalam mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung sumber karbohidrat sebagai sumber tenaga, sumber protein yang seimbang baik dari protein nabati maupun hewani, sumber lemak, vitamin dan mineral.

Lalu, apakah seorang vegetarian dapat memenuhi semua unsur gizi tersebut? Benarkah menjadi seorang vegetarian adalah pilihan yang menyehatkan?

Tak dapat dipungkiri seorang vegetarian akan menjalani pola makan dengan tidak mengkonsumsi protein hewani. Makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi juga dihindari. Dengan demikian, tidak hanya tubuh yang akan menjadi langsing, namun resiko terserang penyakit seperti jantung, kanker, diabetes, obesitas dan penyakit lainnya pun akan berkurang.

Ada empat jenis vegetarian yang biasanya dijalani seseorang:

1. Semi vegetarian. Vegetarian ini masih mengkonsumsi makanan produk hewani, namun sebagian besar akan mengkonsumsi produk nabati seperti kacang-kacangan, buah dan sayur.

2. Laktovegetarian. Vegetarian jenis ini umumnya masih mengkonsumsi susu dan produk susu.

3. Lakto ovo. Vegetarian ini masih mengkonsumsi telur, susu atau produk-produk yang terbuat dari telur dan susu.

4. Vegan. Vegetarian jenis ini sama sekali tidak mengkonsumsi produk hewani. Mereka hanya mengkonsumsi protein nabati seperti kacang-kacangan, sayur dan buah.

Dari keempat jenis vegetarian ini, vegetarian lakto ovo adalah pilihan yang lebih baik. Pasalnya vegetarian ini masih mengkonsumsi produk-produk hewani seperti telur dan susu yang memiliki asam amino lebih lengkap daripada nabati. Asam amino diperlukan untuk membentuk protein dalam tubuh.

Misalnya saja jika Anda ingin membentuk otot tubuh, maka tubuh memerlukan asam amino A, B, C, D, E, F dan G. Namun jika tubuh kekurangan salah satu dari asam amino tersebut, maka otot pun tidak dapat dibentuk.

Asam amino yang terkandung pada protein nabati tidak selengkap protein hewani. Itulah sebabnya setiap orang tanpa terkecuali para vegetarian harus mendapatkan protein nabati dan juga hewani.

Namun menjadi seorang vegan tidaklah salah, hanya saja Anda harus mendapatkan protein nabati dari berbagai jenis sumber protein lainnya sebanyak mungkin. Sumber protein terbaik terdapat pada kacang-kacangan, seperti almond, hazelnut, kedelai dan lainnya. Vegetarian vegan harus mengkonsumsi berbagai macam kacang-kacangan untuk mendapatkan asam amino lain. Beras dan jamur juga mengandung protein yang mengandung asam amino tetapi kandungan ini pun masih belum lengkap.

Sayur dan buah bukan sumber protein, hanya sumber vitamin dan mineral. Karena itu mereka yang hanya mengkonsumsi sayur dan buah dapat mengalami kekurangan protein.

Sumber : conectique
Halaman :
1

Ikuti Kami