Ratu Kecantikan Remaja, Tewas Karena Stroke

Serba-Serbi Sehat / 25 April 2010

Kalangan Sendiri

Ratu Kecantikan Remaja, Tewas Karena Stroke

Puji Astuti Official Writer
5073

Seorang ratu kecantikan Hawaii berumur 18 tahun meninggal setelah serangan stroke yang berat yang datang tanpa peringatan.
Sekitar 20 menit setelah ayah Sheryl Wolfe mengatarkannya ke sekolah, Sherly terserang stroke dan langsung terkapar.
"Tiba-tiba, semua orang shock," kata John Brummel  Kepala Sekolah Mililani High School pada NBC.
Sherly hidup selama beberapa hari setelah menderita stroke tapi sakit kepala membutakannya, demikian cerita ayahnya.
"Kepalanya sakit sekali tapi dia masih bisa melucu ketika dia terjaga," katanya. "Itulah Sheryl."
Sherly Wolfe, yang memenangkan dua kontes kecantikan ini sebenarnya akan  bersaing dalam Miss Hawaii Teen World yang ketiga, namun dia menghabiskan malam terakhirnya dikelilingi oleh mantan pesaing-pesaingnya.
Adiknya  Florence Villanueva akan mewakili Sherly dalam kontes Miss Teen Hawaii World dan mengenakan gaun yang sama yang rencananya akan dipakai oleh kakaknya. "Saya akan merindukannya," lanjut Piercell. "Tidak ada penyesalan; hanya menjalani hidup Anda, karena itulah yang Sheryl lakukan."
Setelah dia meninggal, permintaan terakhir Sherly diwujudkan: Dia menjadi donor organ.
"Aku akan menukarkan hidup saya demi dia," ucap ayahnya, Allen Wolfe, pada Hawaii News Now. "Aku yang harusnya disana, bukan dia.. Putri saya, dia akan menerangi semua orang. Ketika orang-orang patah semangat, ia selalu memiliki sesuatu untuk dikatakan yang akan membangkitkan semangat mereka."
Kematian Sherly menjadi peringatan penting bagi remaja, sekalipun hal ini sangat langka.
"Pada orang muda, semua jenis stroke langka," kata Dr Ravish Patwardhan, seorang ahli bedah saraf dan direktur Komprehensif Jaringan Syaraf di Louisiana, AOL Health.
Langka, tapi bukan tidak mungkin, demikian menurut pemimpin redaksi medis NBC News 'Dr Nancy Snyderman.
"Ini tidak umum, tetapi itu adalah pengingat bahwa ya, hal ini bisa terjadi pada orang muda," kata Snyderman pada “Today” Show.
Sakit kepala parah mungkin tanda peringatan saja - tapi kadang-kadang, tiba-tiba muntah dan perubahan dalam bicara dan gangguan keseimbangan dapat menjadi gejala stroke, katanya.
Sherly tampaknya menderita apa yang disebut stroke hemoragik, yang umumnya memiliki faktor risiko yang tidak berkaitan, jelas Patwardhan. Dia mengatakan bahwa jenis stroke ini sering disebabkan oleh cacat lahir disebut malformasi arteri, di mana seseorang dilahirkan dengan jalinan pembuluh darah yang menyebabkan darah mengalir langsung dari arteri ke vena tanpa melalui kapiler.
"Ini bisa pecah, dan mereka mengalami pendarahan di area otak," kata Patwardhan.
MRI adalah satu-satunya yang dapat mendeteksi kondisi seperti ini. Jaringan pembuluh darah dapat dihapus untuk mencegah masalah kesehatan ini kemudian di kemudian hari.
Kaum muda dengan riwayat keluarga stroke, penyakit jantung atau tekanan darah tinggi mungkin cenderung menderita stroke, tetapi bukan jenis yang dialami Sherly. Merokok saat kehamilan dapat meningkatkan risiko stroke, tapi ini tidak merupakan faktor dalam kasus Sherly.
Mereka yang mendadak, sakit kepala parah, tidak peduli penyebabnya, harus mendapatkan bantuan medis dengan segera. Waktu adalah sesuatu yang penting, banyak remaja bahkan tidak menemui dokter sampai dua atau tiga hari setelah gejala. Jadi pastikan Anda bermain aman. Segeralah ke dokter.

Sumber : AOL Health
Halaman :
1

Ikuti Kami