Kiat Pemula Memimpin Projek

Career / 2 March 2010

Kalangan Sendiri

Kiat Pemula Memimpin Projek

Puji Astuti Official Writer
2998

Anda ditunjuk untuk memimpin sebuah projek penting di kantor, padahal pengalaman kepemimpinan Anda paling terakhir adalah sebagai ketua kelas sewaktu SMA. Semua orang yang masuk dalam tim Anda, tahu bahwa Anda adalah pemula dalam hal ini. Apa yang harus Anda lakukan ketika Anda duduk di ujung meja untuk memimpin rapat dalam memulai projek ini?

Bertanggung jawab

Jangan tunjukkan betapa sedikitnya Anda tahu tentang kepemimpinan. Tunjukkan bahwa Anda bisa dipercaya dan bertanggung jawab. Itu artinya Anda datang paling awal dan meninggalkan rapat paling akhir. Tidak ada yang akan mendeskriditkan seorang pemimpin yang mau bekerja keras bersama timnya.

Sedikit berkata-kata

Terkadang, dalam memimpin rapat seorang pemimpin yang baik tidak harus mendominasi pembicaraan. Banyak orang muda berpikir bahwa orang paling pintar dalam sebuah ruangan adalah mereka yang banyak bicara, tetapi belum tentu demikian. Kebanyakan orang pintar akan menahan lidahnya.

Sebagai seorang pemimpin yang dewasa, fokuskan diri Anda pada apa yang menjadi pembicaraan. Ketika Anda berbicara, pastikan apa yang Anda katakan adalah sesuatu yang berbobot.

Dengar dulu, putuskan kemudian

Dari pada terburu-buru membuat keputusan, cobalah untuk menyerap sebanyak mungkin informasi. Anda tidak akan pernah mengira betapa banyaknya saran yang akan Anda dapat, jika saja Anda mau menyediakan beberapa waktu lagi untuk mendengar.

Jadi pastikan ketika Anda membuat sebuah keputusan, Anda telah mengumpulkan masukan sebanyak mungkin dari anggota tim Anda.

Berikan banyak pertanyaan

Pemimpin yang pintar belajar menanyakan banyak pertanyaan guna mengungkit permasalahan ke permukaan, menggali lebih dalam, sehingga ketika membuat keputusan akan menjadi lebih bijaksana.

Seringkali ketika sebuah projek gagal atau mengalami masalah, pertanyaan yang muncul adalah "siapa yang harus bertanggung jawab?" Pada hal, kegagalan dan masalah ini sering timbul karena si pemimpin tidak berani mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sulit yang memungkinkannya mengantisipasi masalah yang akan terjadi. Jadi jika hari ini Anda diberi kepercayaan untuk memimpin sebuah projek, jangan takut untuk mengajukan banyak pertanyaan.

Buat keputusan yang pasti

Seorang pemimpin memberikan keputusan dengan penuh percaya diri. Keragu-raguan adalah sebuah bencana. Bayangkan ketika seorang jendral yang memimpin perang tiba-tiba berkata, "Mungkin kita tidak harus melakukan hal ini."

Sekalipun Anda tahu di tengah jalan bahwa keputusan Anda adalah sesuatu yang buruk, pasukan Anda ingin tahu bahwa hal itu adalah satu-satunya keputusan yang ingin Anda wujudkan.

Ini bukan berarti Anda tidak bisa berubah pikiran. Tetapi jika Anda memang berubah pikiran tentang keputusan Anda, itu adalah sesuatu yang benar-benar diperlukan dalam situasi tersebut. Ingatlah, ketika Anda berubah pikiran hal itu membuat orang lain bertanya-tanya atas keputusan Anda sebelumnya dan hal itu bisa melemahkan semangat.

Kepemimpinana adalah sebuah seni, dan Anda mempelajarinya dari memerankannya. Jangan takut untuk mengalami kegagalan, karena jalan menuju keberhasilan harus melalui banyak kegagalan. Anda adalah pemula, jadi untuk apa kuatir gagal. Seperti seorang bayi yang baru belajar berjalan, dia akan sering jatuh hingga akhirnya bisa berjalan dan berlari.

Sumber : Askmen.com
Halaman :
1

Ikuti Kami