Finlandia, Negara Tersehat Di Dunia

Nasional / 1 February 2010

Kalangan Sendiri

Finlandia, Negara Tersehat Di Dunia

Lestari99 Official Writer
4168

Obesitas masih menjadi momok bagi sebagian masyarakat di dunia ini karena setiap tahunnya terdapat setidaknya 2,5 juta kematian disebabkan oleh obesitas di dunia. Penderita obesitas di dunia ini diperkirakan mencapai 1,6 miliar. Bahkan hampir 18 juta anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun memiliki berat badan berlebih.

Reader's Digest dalam jajak pendapatnya yang diadakan di 16 negara dan melibatkan 16.000 orang menemukan bahhwa Finlandia adalah negara tersehat di dunia. Negara ini merupakan negara yang paling menyadari bahaya obesitas. Padahal di era 70-an, Finlandia memiliki angka kematian akibat penyakit jantung tertinggi di dunia. Namun kegigihan Dinas Kesehatan di negara tersebut dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat berhasil dengan baik. Kampanye ini terutama ditujukan pada penduduk usia produktif, berupa program diet, olahraga dan bahaya merokok.

Selama 30 tahun, hasil kampanye ini terlihat nyata. Tingkat kematian akibat penyakit jantung menurun hingga 80 persen. Dan program ini telah berhasil memperpanjang usia penduduk Finlandia hingga 10 tahun. Kota-kota di negara ini bahkan menyediakan hadiah bagi warganya yang bisa berhenti merokok. Saat ini 83 persen orang Finlandia bergaya hidup sehat dan memiliki program penurunan berat badan seperti berdiet dan berolahraga serta tidak merokok.

Kesadaran pribadi memang penting untuk menjalankan gaya hidup sehat. Tapi sepak terjang pemerintah yang terjun langsung dan berperan aktif dalam menciptakan gaya hidup sehat dalam kehidupan masyarakat memiliki dampak nyata berjangka panjang pada akhirnya.

Sumber : news.yahoo.com
Halaman :
1

Ikuti Kami