Keju Sehat, Tak Selalu Baik

Gizi & Nutrisi / 26 January 2010

Kalangan Sendiri

Keju Sehat, Tak Selalu Baik

Tammy Official Writer
4128
\"KejuSemua orang menyukai keju, apalagi keju dikenal memiliki banyak nutrisi yang artinya banyak manfaat. Keju kaya akan kandungan kalsium, fosfor, zink, vitamin A, riboflavin, dan vitamin B12. Misalkan keju cheddar, ternyata satu porsi atau sekitar 30gr keju cheddar sudah mengandung 200 gr kalsium atau setara dengan kandungan kalsium yang terdapat pada susu murni berukuran sedang.

Keju jenis blue cheese juga diyakini mampu mengurangi resiko terjadinya kerapuhan pada gigi kita. Selain itu, para peneliti dari British Cheese Board juga menyampaikan tryptophan dalam keju mampu membantu meredakan stress dan membuat kita dapat tidur lebih nyenyak.

Tetapi meskipun keju memiliki banyak khasiat bagi kesehatan, bagi sebagian orang tertentu, keju dan beberapa produk susu lainnya bisa berubah menjadi menu yang harus dihindari. Misalkan saja seperti kandungan kasein dalam keju yang justru dapat memperburuk kondisi para penderita autis. Sedangkan laktosa pada keju "muda" atau keju cheddar berbahaya bagi penderita intoleransi laktosa.

Tak hanya itu, tingkat kewaspadaan juga harus ditingkatkan pada raw cheese atau keju yang diproses secara minimal karena keju jenis ini mengandung bakteri yang mampu meningkatkan resiko terjadinya berbagai infeksi, seperti listeriosis dengan gejala mual dan kram perut.

Itulah dia beberapa tipe keju yang mungkin perlu Anda waspadai. Selalu ingat untuk selalu menjaga kesehatan Anda dengan memperhatikan asupan pangan Anda.


Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami