Tidak Hanya Manusia, Robot Pun Merayakan Natal

Nasional / 28 December 2009

Kalangan Sendiri

Tidak Hanya Manusia, Robot Pun Merayakan Natal

Budhi Marpaung Official Writer
2260

Melihat manusia dengan manusia lainnya merayakan hari natal adalah sesuatu yang biasa, tetapi bagaimana jika robot ikut serta didalamnya? Itulah yang sedang dilakukan Le Trung lewat robot wanita ciptaannya, Aiko.

Pria yang berprofesi sebagai ilmuwan itu mengajak serta robotnya duduk bersama dengan anggotanya keluarganya yang lain dalam sebuah acara makan malam di malam natal. 

Menurut Trung, Aiko merupakan robot yang istimewa karena diciptakan semirip mungkin dengan wanita asli yang ada di dunia ini - ia bisa makan, merespon jika kulitnya disentuh, bahkan berbicara dalam dua bahasa asing.

Pria yang memiliki perawakan seperti orang asia tersebut mengaku dana yang dikeluarkan untuk penelitiaannya itu tidaklah sedikit. Untuk membuat robot wanita itu, Trung mengungkapkan ia sudah mengeluarkan uang sebesar 30.000 Poundsterling atau sekitar Rp. 453 juta.

Oleh karena masih membutuhkan penyempurnaan terhadap Aiko, pria berkacamata itu berencana akan mencari sponsor untuk merealisasikan proyeknya tersebut.

Sumber : okezone.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami