Alkohol Mengurangi Resiko Serangan Jantung?

Info Sehat / 4 December 2009

Kalangan Sendiri

Alkohol Mengurangi Resiko Serangan Jantung?

Lestari99 Official Writer
4109

\"\"Alkohol memang dikenal sebagai minuman yang membahayakan bagi kesehatan. Tapi bila dikonsumsi dengan dosis yang tepat, justru dapat menyelamatklan Anda dari serangan jantung. Inilah yang diungkapkan oleh sebuah studi yang diadakan di Spanyol dan melibatkan 15.000 pria serta 26.000 wanita.

Minum alkohol setiap hari dapat mengurangi resiko serangan jantung sampai sepertiga untuk pria. Alkohol dalam jumlah besar bermanfaat bagi pria namun tidak untuk kaum wanita. Namun mengkonsumsi alkohol secara berlebihan justru dapat meningkatkan resiko penyakit lain dan alkohol telah menjadi penyebab dari kematian 1,8 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya.

Penelitian ini dilakukan terhadap pria dan wanita yang berusia antara 29 hingga 69 tahun yang diminta untuk mencatat kebiasaan minum mereka dan diikuti selama 10 tahun. Responden ditempatkan dalam 6 kategori: mulai dari yang sama sekali tidak minum alkohol sampai yang mengkonsumsi 90 gr alkohol setiap harinya. Kategori 90 gr itu setara dengan delapan botol anggur atau 28 pint (gelas berukuran setengah liter) dalam seminggu.

Bagi mereka yang minum sedikit - kurang dari satu sloki vodka setiap hari - resiko penyakit jantung berkurang 35%. Sedangkan bagi yang minum 3 hingga 11 sloki setiap hari, resikonya berkurang sekitar 50%.

Namun hasil yang berbeda ditemukan di kalangan wanita yang mengikuti penelitian ini. Mereka menderita masalah jantung lebih sedikit dibandingkan pada saat penelitian dimulai. Perbedaan ini diduga karena wanita memproses alkohol secara berbeda dan wanita memiliki hormon yang sanggup melindungi mereka dari penyakit dalam kelompok usia muda.

Masih belum jelas mekanisme apa yang menyebabkan berkurangnya resiko serangan jantung ini namun diketahui bahwa alkohol meningkatkan lipoprotein dengan kepadatan tinggi - yang kadang disebut kolesterol baik karena menghentikan kolesterol buruk menumpuk di pembuluh darah.

Walau minum alkohol dalam kategori sedang dapat mengurangi resiko serangan jantung, penyumbatan pembuluh darah hanyalah salah satu jenis masalah jantung. Jantung hanya salah satu dari sejumlah organ tubuh. Alkohol bisa memberikan perlindungan pada satu organ namun kalau berlebihan bisa merusak jantung dan organ lain seperti hati, pankreas dan otak. Bahkan orang yang minum alkohol dalam jumlah besar secara teratur memiliki resiko kena stroke sampai tiga kali lipat.

Apapun yang berlebihan pada dasarnya memang tidak baik. Bagaimanapun juga Anda perlu arif dalam menyikapi hasil penelitian ini karena dampak positif maupun negatif akibat mengkonsumsi alkohol dapat terjadi bila Anda salah ketika mengkonsumsinya.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami