Daun Pepaya, Pahit Tetapi Kaya Serat Makanan

Daun Pepaya, Pahit Tetapi Kaya Serat Makanan

Daniel Official Writer
5159

Daun pepaya, walaupun rasanya pahit, dapat dioleh menjadi masakan yang enak. Daun berwarna hijau ini mengandung cukup banyak gizi yang bermanfaat bagi kesehatan. Dibandingkan dengan daging buahnya, kandungan vitamin A dan C daun pepaya jauh lebih tinggi.

Dan yang menonjol pada daun pepaya ini adalah seratnya . Berikut ini beberapa manfaat serat daun pepaya:

1. Konsumsi serat yang tinggi pada daun pepaya akan memengaruhi mikroflora usus, sehingga tidak menghasilkan senyawa karsinogenik penyebab kanker.

2. Serat daun papaya dapat menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan ekskresi asam empedu dalam tinja. Hal ini menurunkan kadar lemak dan kolesterol, sehingga dapat mencegah aterosklersosis dan penyakit jantung.

3. Serat daun pepaya dapat mencegah sembelit. Di dalam saluran cerna, serat mampu menyerap air dalam jumlah cukup besar, sehingga massa tinja menjadi lunak dan tekanan dalam usus besar berkurang.

4. Serat dalam daun pepaya sangat baik untuk menunjang program diet. Diet dengan makanan tinggi serat akan sangat membantu program penurunan berat badan. Serat daun pepaya mempunyai kemampuan menyerap air yang cukup tinggi sehingga dapat mengingat zat-zat gizi yang teleh disederhanakan oleh enzim pencernaan. Zat-zat gizi yang larut dan terikat pada serat, selanjutnya akan dikeluarkan melalui tinja. Keadaan tersebut mampu mengurangi ketersediaan zat-zat gizi bagi tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

5. Serat dalam daun pepaya mampu menyerap air dan mengikat glukosa, sehingga mengurangi ketersediaan glukosa. Diet cukup serat juga menyebabkan terjadinya kompleks karbohidrat dan serat, sehingga daya cerna karbohidrat berkurang. Keadaan tersebut mampu meredam kenaikan glukosa darah dan menjadikannya tetap terkontrol.

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami