UN Ditiadakan, Guru-guru Protes

Nasional / 27 November 2009

Kalangan Sendiri

UN Ditiadakan, Guru-guru Protes

Budhi Marpaung Official Writer
3265

Ujian Nasional yang selama beberapa tahun ini menjadi masalah dalam dunia pendidikan di Indonesia sepertinya masih menemui jalan buntu. Bila dulu banyak suara dari kalangan masyarakat yang mengatakan UN dihapuskan, kali ini ketika Mahkamah Agung (MA) mengeluarkan keputusan agar itu dihapus dan akan ditindaklanjuti oleh pemerintah, kalangan guru yang memprotes.

Secara garis besar, alasan para pengajar di sekolah-sekolah tersebut pun hampir sama yakni mereka tidak memiliki tolok ukur lagi tingkat kemampuan para anak didiknya. Oleh karena itu, sebaiknya UN tetaplah diselenggarakan, namun untuk menentukan kelulusan atau tidak siswa itu sebaiknya diserahkan kepada pihak masing-masing sekolah.

Walaupun begitu, pihak sekolah mengakui bahwa belum ada surat edar dari Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) mengenai penyelenggaraan UN yang akan dihapus.  

Permasalahan pendidikan di Indonesia masih jauh dari yang diharapkan. Masalah UN adalah satu diantara banyak hal yang harus dibenahi oleh pemerintah saat ini. Pertanyaannya sekarang, apakah kita harus tetap optimis dengan pendidikan di negeri ini bisa maju dan bermimpi sekolah-sekolah di Indonesia dapat bersaing dengan pendidikan luar negeri lainnya? Pertanyaan yang sepertinya mudah dijawab, tetapi sangat sulit bila melihat kenyataan yang ada.    

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami