Mood Positif Redakan Sakit

Psikologi / 22 November 2009

Kalangan Sendiri

Mood Positif Redakan Sakit

Lestari99 Official Writer
3230

Pernahkan Anda melihat seseorang yang secara fisik tampak menyedihkan namun ketika Anda berbincang dengan mereka, ternyata mereka jauh dari menderita? Atau mungkin Anda bertemu yang sebaliknya, secara fisik sepertinya sakit mereka tidak terlalu parah, namun ketika Anda berbincang dengan mereka, mereka tampak sangat menderita dan kehilangan pengharapan?

Ternyata pikiran positif, suasana hati yang positif dapat meringankan rasa sakit. Hal ini telah terbukti melalui penelitian yang dilakukan oleh Mathieu Roy dari Universitas Columbia, New York, AS yang menyelidiki hubungan antara mood dan rasa sakit. Hasil penelitiannya menunjukkan bagaimana emosi atau mood akan menentukan bagaimana Anda bereaksi terhadap rasa sakit.

Roy melibatkan 13 partisipan dan mengamati bagaimana reaksi mereka terhadap sengatan listrik yang menyebabkan lutut para partisipan tersentak. Ketika para partisipan merasakan sengatan listrik, di waktu yang bersamaan mereka disuguhkan gambar-gambar yang menyenangkan, tidak menyenangkan dan netral.

Pada saat proses itu sedang berlangsung, tim peneliti memindai aktivitas otak para partisipan. Dan hasilnya, ketika para partisipan memandang gambar-gambar yang tidak menyenangkan, rasa sakit yang ditimbulkan sengatan listrik tersebut terasa lebih kuat daripada jika melihat gambar-gambar yang menyenangkan.

Riset ini semakin menguatkan studi terdahulu Roy yang mengungkapkan bagaimana musik yang menyenangkan dapat meringankan rasa sakit. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkat mood positif seperti fotogradi atau musik dapat digunakan dalam perawatan kesehatan untuk meringankan rasa sakit. Temuan ini telah dimuat dalam Proceedings of The National Academy of Sciences.

Jadi, jika Anda sedang kesakitan, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mendengarkan musik atau melihat foto-foto kenangan untuk mengurangi rasa sakit yang sedang Anda derita.

Sumber : mediaindonesia
Halaman :
1

Ikuti Kami